Penasaran Tips Dan Umpan Mancing Ikan Betutu/Bloso Paling Jitu

Mengenal Ikan Betutu/Boso

Ikan betutu merupakan ikan air tawar yang punya sensasi tersendiri bagi pemancing ketika strike. Ikan ini mempunyai bentuk yang ibarat dengan ikan gabus, bedanya ikan betutu mempunyai sirip yang agak lebar. Bentuknya memanjang serta terdapat bercak- bercak ibarat ikan kerapu.

Di setiap kawasan ikan betutu mempunyai nama yang berbeda-beda. Seperti ikan broso, bloso, boboso, boso, gabus malas,  gabus bego dan maaih banyak lainnya.


Habitat Ikan Betutu/Boso

Ikan ini biasa ditemukan di sungai, danau, waduk dan muara. Ikan betutu biasa berdiam dan menunggu makanan ibarat udang, ikan-ikan kecil mendekat. Setelah ikan betutu kenyang beliau juga hanya akan berdiam dan malas bergerak. Hal inilah kenapa ikan betutu disebut juga ikan gabus malas.

Ikan betutu punya tarikan yang lumayan mantap, hampir sama ibarat ketika strike ikan gabus. Namun sangat disayangkan populasi ikan betutu dialam liar sangatlah jarang. Hal ini diakibatkan rusaknya habitat mereka.

Parahnya lagi sangat jarang orang yang membudidayakan ikan ini. Padahal ikan betutu mempunyai nilai jual yang cukup tinggi alasannya ialah memang sudah jarang ditemukan. Ukurannya ikan betutu tidak begitu besar, dan hal ini yang membuat orang enggan membudidayakannya.

Orang jawa menyebut ikan betutu kecil dengan sebutan ikan kotes. Dan biasanya banyak ditemukan di sungai dan sawah.


Umpan Mancing Ikan Betutu/Boso

Ikan betutu termasuk jenis ikan pelagic yaitu ikan pemangsa yang hanya menunggu mangsanya datang. Warna dan bentuknya yang ibarat dedaunan kering dan watu memudahkannya berkamuflase. Saat mangsanya datang mendekat ikan betutu eksklusif menyambar.

Umpan yang paling mantap dan jitu ialah udang dan cacing. Untuk penggunaan udang gunakan udang kecil hingga sedang. Buang kepala dan kulit udang lalu ambil dagingnya serta kaitkan ke kail.

Sedangkan umpan cacing gunakan cacing merah. Kalian juga mampu menggunakan cacing jenis lain. Namun cacing merah tetap paling jitu, cacing dengan warna merah tanpa banyak kotoran dan tanah.


Tips Dan Cara Mancing Ikan Betutu/Boso

Bagi kalian yang berniat memancing ikan ini sebaiknya simak dulu tips dan cara mancing ikan betutu ini:

1. Siapkan peralatan mancing ibarat joran, reel, senar, kail, pelampung serta umpan.
2. Gunakan senar atau kenur ujuran 0.35 - 0.40. Untuk kail mampu menggunakan nomor 9. Agar ikan tidak mati patahkan ruit kail biar gampang melepaskan dari kail.
3. Carilah spot sebelum mulai memancing. Ikan betutu biasa berdiam didekat bebatuan dirawa dan sungai. Terkadang juga ditemukan di akrab tanaman air ibarat enceng gondok.
4. Ikan betutu paling suka arus air yang damai dan kedalaman air kira-kira setengah hingga 1 meter.
5. Waktu makan ikan betutu pada pagi hari antara jam 6 - 10. Sedangkan sore dari jam 5 - 7 malam.
6. Pada isu terkini air besar ikan betutu akan bermigrasi dan memulai isu terkini kawin. Saat inilah waktu yang sempurna untuk berburu ikan betutu.
7. Ikan betutu termasuk ikan yang suka bergerombol. Kaprikornus kalau kalian sudah dapat satu kemungkinan strike kedua dan seterusnya lebih besar.
8. Saat menyambar umpan ikan betutu akan eksklusif menyambar dan menarik umpan jauh. Disini fungsi pelampung sangat menentukan sebagai indikator.
9. Satu hal yang tidak kalah penting. Jika kalian ingin membawa tangkapan dalam kondisi hidup sebaiknya jangan masukan ikan kedalam tempat yang tertutup dengan air penuh. Jangan menekan bab bawah perut ikan yang akan menimbulkan ikan kejang dan mati.

Itulah tips serta cara mancing ikan betutu. Semoga mampu bermanfaat.

Komentar