Penasaran Umpan Ikan Tombro/Mahseer Di Sungai Paling Ampuh

Pernahkah kalian mendengar ikan tombro atau ikan mahseer, ada juga yang menyebutnya ikan lepon. Dibeberapa kawasan sebutan untuk ikan tombro atau ikan mahseer berbeda-beda. Namun sebutan atau nama umum untuk ikan ini yaitu ikan semah. Ikan semah atau tombro merupakan ikan air tawar yang berasal dari Indo-Australia dan india.

Setiap kawasan mempunyai sebutan yang berbeda-beda misalnya ikan kancra(Sunda), ikan tombro(jawa), ikan sapan(kalimantan), ikan batak(toba), ikan mahseer/kelah(Malaysia), ikan jurung(sumatra utara), ikan kerling(aceh), ikan pedih(gayo), ikan gariang(padang), ikan semah(palembang), ikan dewa(jawa barat), ikan torsoro(batak), ikan kancra bodas(kuningan), ikan tombro(jawa), ikan mahseer(internasional), dan masih banyak lagi sebutan didaerah lainnya.


Habitat Ikan Tombro atau Ikan Mahseer

Habitat Ikan ini berada di sungai-sungai yang beraliran deras di tadataran tinggi dengan kondisi air yang masih jernih. Namun sangat disayangkan populasi ikan tombro ketika ini sangat memprihatinkan bahkan mampu dibilang hampir punah. Akibat penangkapan yang berlebihan, hal ini menjadikan sudah sangat jarang ditemukan ikan tombro di alam liar, biarpun ada ukurannyapun sangat kecil.

Kerabat ikan mas ini menjadi materi pangan populer diberbagai negara alasannya rasanya yang enak dan gurih. Dan panjang maksimal mampu mencapai ukuran 1 meter, namun ketika ini ukuran yang banyak ditemui hanya sekitar 30 cm.

Untuk mengantisipasi punahnya ikan tombro diberbagai tempat memberlakukan aturan zona larangan penangkapan. Contohnya di Padang Pariaman yang memberlakukan larangan penangkapan ikan tanpa seijin tetua budpekerti setempat. Dipulau jawa ikan tombro atau mahseer mampu ditemukan di sekitar gunung ceremai di Kabupaten Kuningan. Dan untuk penangkapannyapun mulai dibatasi.


Cara Mancing Ikan Tombro atau Mahseer

Ikan mahseer banyak ditemukan di alama liar ibarat sungai dan danau. Dengan kondisi air yang masih jernih dan berarus deras namun terkadang di arus tenang. Yang artinya ikan mahseer hidup di dataran tinggi atau pegunungan.

Karena habitat ikan tombro berada di pedoman sungai yang deras sebaiknya gunakan timah pemberat biar umpan tidak bergeser dan terbawa arus. Selain itu disarankan menggunakan crane swipel untuk meminimalkan senar kusut alasannya derasnya arus.

Gunakan juga reel serta joran yang panjang, dengan tujuan dapat mencapai spot potensial yang kalian tuju.

Umpan Jitu Ikan Tombro atau Mahseer

Ikan tombro biasanya berdiam di pertemuan pedoman air deras dengan air tenang. Selain itu ikan tombro juga suka di pusaran air dan juga diantara bebatuan besar. Dengan kondisi habitat dengan arus deras gunakan umpan dengan materi dasar yang tidak gampang hancur terkena arus. Untuk memancing Ikan tombro bekerjsama tidak terlalu sulit, ikan ini termasuk omnivora atau pemakan segala.


Umpan yang mampu dipakai berupa belalang, ulat, jagung, umbi-umbian(rebus terlebih dahulu). Namun menurut para pemancing umpan berupa umbi-umbian dan jagung tergolong paling Jitu. Ada juga pemancing yang memakai kulit kelapa sawit sebagai umpan. Pemakaian kulit kelapa sawit mampu di kukus terlebih dahulu, mampu juga diiris mentah-mentah dan pribadi dikaitkan ke mata pancing.

Untuk penggunaan jagung kalian mampu merebus jagung terlebih dahulu lalu ambil dagingnya dan kaitkan pribadi kekail. Atau mampu juga daging jagung diparut hingga halus kemudian digiling biar pulen dan tidak mudah hancur, lalu bentuk lingkaran kecil-kecil seukuran kail.

Karena umpan jagung mudah sekali hancur terbawa arus. Periksa umpan secara rutin minimal 15 menit. Sedangkan 1 atau 2 jam untuk umpan berupa umbi-umbian dan kulit kelapa sawit. Agar ikan lebih tertarik menyantap umpan beri taburan umpan disekitarnya atau pemancing biasa menyebut dengan istilah umpan bom.

Sekian artikel dari mimin mengenai umpan jitu dan cara mancing ikan tombro atau mahseer. Semoga mampu bermanfaat.

Komentar