Penasaran Umpan Jitu Ikan Sili Paling Ampuh Dan Cara Mancingnya

Jenis ikan satu ini memang sangat jarang ditemui. Habitat Ikan Sili atau Ikan tilan atau ada juga yang menyebutnya ikan belut berduri berada di sungai dalam dan arus yang cukup deras. Bentuk ikan sili memang sangat asing dan unik, bagi mereka yang gres melihatnya pasti merasa asing dengan bentuknya yang lebih mirip ular dan belut. Namun corak dari ikan sili sangat indah, itulah kenapa banyak orang menimbulkan ikan ini sebagai ikan hias.


Ikan yang berasal dari AS ini paling suka berada didasar sungai dan bersembunyi didalam lumpur. Di indonesia ada 11 jenis ikan sili yang menyebar di sungai - sungai di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi. Namun populasi ikan sili ketika ini sudah jarang. Itu dikarenakan banyaknya perburuan untuk konsumsi maupun sebagai ikan hias.

Habitat  Ikan Sili

Sungai dengan Arus deras
Pada dasarnya ikan sili hidup di pedoman sungai yang dalam dan berarus deras. Ikan sili lebih suka menyembunyikan diri di lumpur dasar sungai.

Air Sungai Kehijauan
Ikan ini mampu hidup di banyak sekali jenis kondisi air. Termasuk sungai yang airnya cenderung kehijauan. Air sungai berwarna hijau mampu disebabkan oleh masuknya air dari persawahan atau mampu juga banyaknya lumpur yang ada di sungai tersebut. Ikan sili juga mampu hidup di sungai dengan kondisi air kecoklatan.


Ikan sili termasuk jenis ikan yang sulit dipelihara maupun dibudidayakan. Perbedaan abjad daerah budidaya dengan habitat aslinya yang mensugesti sulitnya budidaya ikan ini. Makanan utama ikan ini yaitu serangga dan hewan-hewan kecil yang hidup disungai.

Namun umpan paling ampuh untuk mancing ikan sili yaitu udang. Dan sangat disarankan udang dalam kondisi masih segar dan hidup.


Cara Pasang Udang Kekail

Kaitkan kail pada ekor udang biar udan tetap hidup dan mampu berenang bebas. Untuk mencari udang kalian mampu menangkapnya di pinggiran sungai maupun bak ikan dengan pertolongan serokan ikan.

Cara Memancing Ikan Sili

Saat akan memancing ikan sili sebaiknya gunakan pelampung biar udang tetap melayang di air, serta mampu bergerak bebas. Usahakan umpan hampir menyentuh dasar sungai. Kira-kira 10 cm dari dasar sungai. Bila arus sungai terlalu deras gunakan timah atau pemberat biar umpan tidak terbawa arus.

Mancing Mania MANTAAAP

Komentar

Posting Komentar