Penasaran Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula Dari Awal

  Akhir final ini budidaya Ikan lele banyak ditekuni para pengusaha. Pengusaha banyak melirik usaha ini alasannya yakni memang bisnis ini tergolong menggiurkan. Selain mudahnya budidaya, ikan lele juga juga mempunyai postensi keuntungan yang lumayan tinggi. Ikan lele juga sangat dicari di pasaran alasannya yakni memang ikan ini mempunyai rasa yang gurih dan enak. Dan waktu proses pembesaran tergolong cepat dibandingkan ikan ikan lain. Dalam waktu 3 sampai 4 bulan saja ikan lele mampu dipanen, terkadang  dalam waktu dua bulan saja ikan lele juga mampu dipanen. Tergantung kualitas bibit dan ajakan konsumen.



  Untuk memulai budidaya lele tidak memerlukan lahan yang luas, hanya dengan lahan sempit atau disamping rumah pun budidaya mampu dijalankan. Sebelum memulai budidaya tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti tempat/media untuk budidaya, pemilihan bibit, dan juga umpan. Ok pribadi saja ke tahap pertama.

>> Menyiapkan Tempat/Lahan

  Sebenarnya budidaya ikan lele tidak memerlukan kawasan yang luas. Lahan mampu berupa bak terpal, bak semen maupun bak tanah. Namun saya sarankan menggunakan bak tanah, bak tanah mempunyai banyak kelebihan alasannya yakni bak menyerupai itu mempunyai cadangan makanan yang melimpah buat bibit lele nantinya. Dengan media bak tanah banyak terdapat hewan hewan kecil, serta jenis makanan lainnya. Akan tetapi pemakaian bak tanah perlu diperhatikan wacana kondisi air dan juga hewan hewan predator yang membahayakan bibit lele itu sendiri. Keberadaan ular, biawak, atau ikan gabus sangat mengancam keberlangsungan budidaya, alasannya yakni mampu memangsa bibit bibit lele.

  Sebelum memulai budidaya sebaiknya basmi dulu hewan hewan predator menyerupai itu terlebih dahulu. Namun hal utama kebanyakan dari pebisnis pemula terkendala mengenai kolam. Maka dari itu anda mampu menyiasatinya dengan menggunakan bak terpal maupun bak semen. Selain mampu menghemat lahan penggunaan bak terpal dan semen mampu lebih terkontrol mengenai faktor faktor kegagalan budidaya.

>> Pemilihan Bibit

  Memilih bibit juga merupakan hal yang sangat penting. Pemilihan bibit sangat besar lengan berkuasa dengan hasil panen kelak. Bibit yang baik awan popok menentukan untung atau ruginya si pelaku bididaya. Hitung ukuran  kolam untuk menentukan jumlah bibit yang mampu disebar. Ideal dari penanaman bibit yaitu 1: 100 artinya setiap satu meter persegi mampu diisi sekitar 100 ekor bibit. Dengan kedalam 1,5 meter, sedangkan tinggi air 20 cm dari permukaan kolam. Sebelum bak di isi air masukan pupuk sangkar secukupnya, paling baik kotoran sapi. Penggunaan pupuk dimaksudkan semoga plankton berkembang biak. Plankton merupakan makanan embel-embel untuk bibit lele.

>> Pakan

  Dalam budidaya biaya paling besar terdapat pada pakan. Pemberian pakan harus diubahsuaikan dengan ukuran ikan lele. Gunakan pakan serbuk untuk lele ukuran bibit, setelah ukuran bertambah besar ganti pakan ke ukuran yang lebih besar. Terus ganti pakan sesuai perkembangan ikan lele. Pemberian pakan mampu 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

  Semoga cara budidaya ikan lele sukses untuk pemula mampu bermanfaat. Dan menambah kesiapan sebelum memulai bididaya.

Komentar