Penasaran 10 Racikan Umpan Ikan Lele Jitu Dan Ampuh

Ikan yang satu ini terkenal dengan patil, kumis serta licin ketika ditangkap. Gerakan yang gesit serta kebiasaan hidup bergerombol, Ikan lele juga sangat kasar ketika mencari makan.

Habitat Asli Ikan Lele

Habitat ikan lele berada di sungai, rawa, danau, serta areal persawahan. Bahkan tak jarang juga ikan lele juga banyak ditemui di selokan-selokan depan rumah.

Ikan lele memang memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang baik, sehingga dapat hidup di perairan yang kotor serta kadar oksigen yang rendah.


Ikan ini merupakan ikan nokturnal yang aktif pada malam hari. Ikan lele akan lebih aktif mencari makan pada malam hari. Sedangkan pada siang hari ikan ini akan lebih sering berdiam di bebatuan dan tempat-tempat yang teduh.

Namun berbeda lagi jikalau kalian memancing ikan lele di kolam pemancingan. Tidak menyerupai di alam liar, sifat nokturnal ikan lele yang hanya aktif di malam hari TIDAK berlaku. Di kolam pemancingan ikan lele mencari makan kapan saja baik pagi, siang maupun malam.

Kenapa ? ? ?

Kebiasaan ikan lele diberi makan pagi hari, siang hari, sore hari maupun malam hari. Hal ini menimbulkan sifat alami nokturnal ikan lele hilang. Makara tak perlu menunggu malam hari ketika kalian akan memancing ikan lele di kolam pemancingan.

Umpan Jitu dan Ampuh Memancing Ikan Lele

Sesuai dengan topik mimin"admin" akan share umpan Ikan lele di alam liar maupun di kolam pemancingan. Memancing ikan lele bersama-sama tidaklah sulit, ikan ini termasuk pemakan segala. Namun harus sempurna dalam pemilihan umpan.

Berikut ini umpan mancing ikan lele malam hari paling ampuh, Umpan ini bisa di gunakan di sungai, rawa, danau maupun kolam  :


1. Cacing

Cacing merupakan umpan ikan lele yang sudah paling sering digunakan. Menurut pengalaman sesama pemancing umpan cacing memang terbukti ampuh. Jenis cacing yang digunakan menyerupai cacing cobra, cacing merah dan cacing lur.

pemancing bisa menggunakan 4 hingga 5 cacing sekaligus dalam satu kail. Bentuk bergerombol dalam satu kail secara tidak pribadi akan menarik perhatian ikan lele untuk menyambarnya.

2. Jangkrik

Umpan yang satu ini tergolong cukup ampuh untuk mendaratkan ikan lele. Sebelum dipasang kekail buang kaki dan kepala lalu tancapkan kail dari leher kebawah. Keluarkan sedikit isi perut jangkrik semoga lebih menarik ikan lele untuk menyambarnya. Biar lebih jitu dan ampuh bakar sebentar jangkrik semoga aromanya keluar.


3. Orong-orong

Selain jangkrik, orong-orong juga disukai ikan lele. Ukurannya yang pas, tidak telalu kecil dan besar pula sehingga bisa pribadi dipasang kekail. Usahakan umpan tetap hidup semoga ikan lele lebih tertarik mendekati dan melahapnya.

4. Katak kecil atau kodok

Di alam liar kodok atau katak kecil menjadi makanan utama buat ikan lele. Sebaiknya gunakan kodok ukuran kecil semoga bisa pribadi dipasang kekail dalam keadaan utuh. Umpan kodok bisa digunakan untuk memancing di sungai maupun di kolam.

5. Ikan ukuran kecil

Dengan julukannya sebagai predator air tawar. Sama menyerupai ikan gabus, ikan lele juga gemar menyantap ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil darinya. Bahkan ketika lapar ikan lele tak segan memakan lele lain yang lebih kecil darinya.

6. Usus ayam

Dari beberapa jenis umpan diatas mungkin umpan satu ini yang mimin anggap paling jitu dan ampuh. Aroma anyir yang khas akan sangat menarik hati ikan lele untuk pribadi menyambar. Umpan usus ayam bisa digunakan di sungai, kolam maupun ketika lomba galatama.

Agar aromanya makin tajam rendam usus kedalam minyak ikan beberapa menit. Kemudian kaitkan kekail dengan cara menggulung-gulungkan usus hingga kail tertutupi.

7. Umpan Daging

Karena ikan lele termasuk ikan predator, umpan dengan materi dasar daging juga tergolong ampuh. Adapun jenis daging yang bisa kalian pakai menyerupai daging ayam, kambing, sapi dan jenis daging lainnya. Tapi umpan satu itu tidaklah murah, namun baunya yang khas akan lebih menarik nafsu makan ikan lele.

Sebelumnya kukus daging terlebih dahulu lalu suir atau potong sesuai ukuran kail. Agar lebih ampuh celupkan kedalam kuning telur angsa sesaat sebelum digunakan.

8. Cicak

Memang jarang sekali pemancing menggunakan umpan yang satu ini. Tapi jangan salah umpan cicak juga cukup ampuh lohh..!!. Tidak menyerupai jenis umpan lainnya yang bisa dipakai mentah-mentah. Umpan cicak harus dibakar terlebih dahulu semoga aromanya keluar.

Aroma gosong serta anyir setelah dibakar dapat memancing nafsu makan ikan lele. Biasanya pemancing memotong menjadi 3 adegan sebelum dipasang kekail.

9. Belut

Untuk umpan berupa belut, bakar terlebih dahulu semoga aroma dan basi amisnya lebih terasa. Potong seukuran kail ketika akan digunakan.

10. Keong Sawah

Umpan alami yang terakhir ialah keong sawah. Sebelumnya pecahkan cangkang keong sawah lalu ambil dagingnya saja. Bila terlalu besar potong keong menjadi 2 bagian. Baunya yang anyir tentu akan sangat menarik hati ikan lele untuk memakannya.

Sebagai aksesori mimin bagikan racikan umpan ikan lele di sungai dan kolam. Bebeda dengan umpan diatas. Umpan dibawah ini terdiri dari beberapa materi yang harus diracik terlebih dahulu semoga bisa digunakan.

Racikan Umpan Ikan Lele di Sungai dan Kolam :


1. Racikan Umpan Ikan Lele 1

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet ikan 781 - 2 SP
  4. Bawang Putih
  5. Air Secukupnya.


Cara meraciknya :
Siapkan wadah lalu campur semua materi dan aduk hingga rata. Bila adonan kurang encer tambahkan air secukupnya.

2. Racikan Umpan Ikan Lele 2

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet udang
  4. Bawang putih
  5. Ati ayam rebus
  6. Madu
  7. Air secukupnya.


Cara meraciknya :
Campur semua materi jadi satu lalu aduk hingga rata. Kemudian bentuk adonan lingkaran sesuai ukuran kail.

3. Racikan Umpan Ikan Lele 3

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet ikan PF 1000
  4. Bawang putih
  5. Madu
  6. Air panas secukupnya.


Cara meraciknya :
Siapkan wadah lalu masukan semua materi kemudian aduk hingga merata.

4. Racikan Umpan Ikan Lele 4

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet ikan PF 1000 + 781-2 SP
  4. Bawang Putih
  5. Ikan teri
  6. Tepung udang
  7. Air secukupnya.


Cara meraciknya :
Sama menyerupai meracik ketiga umpan diatas,  campurkan semua materi jadi satu lalu aduk hingga rata. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat.


Cara Memancing Ikan Lele

1. Siapkan Piranti/Peralatan Memancing

Piranti wajib yang harus ada yaitu Reel, Joran, Senar, Pelampung, Kail. Gunakan senar pancing ukuran miminal 3 kg usahakan gunakan senar dengan warna tidak mencolok. Sedangkan kail bisa menggunakan ukuran 8 hingga 10 atau bisa diadaptasi dengan ukuran ikan target.

2. Tempat atau Spot

Pilih spot yang dalam, biasanya ikan akan berdiam di daerah paling dalam atau bekas galian. Selain itu ikan lele juga suka berdiam di pojok kolam. Bila kalian memancing di siang hari carilah daerah yang teduh, sebab disiang hari ikan lele akan berdiam ditempat menyerupai itu.

3. Selera Makan Ikan Lele Yang berubah-ubah

Saat memancing bawalah 2 atau lebih umpan. Ikan lele akan cepat bosan dan tidak nafsu makan. Makara bila umpan yang pertama sudah tidak ada lagi sambaran ganti dengan umpan yang lainnya.

Itulah tips dan umpan ampuh untuk memancing ikan lele yang perlu kalian coba. Selamat mencoba.

Komentar

Posting Komentar