Penasaran 3 Umpan Ikan Nilem Jitu Terbukti Ampuh

Ikan Nilem merupakan ikan air tawar yang menyebar di Asia Tenggara, menyerupai Thailand, Malaysia, Brunai Darussalam dan juga Indonesia. Di Indonesia ikan nilem menyebar hampir di seluruh wilayah. Di pulau jawa ikan nilem termasuk ikan konsumsi favorit. Ikan nilem juga banyak dibudidayakan di pulau jawa.

Ikan ini bertubuh sedang dengan panjang sampai 26 cm. Moncong berbentuk bundar tumpul dengan bibir yang berkerinyut. Suatu percobaan di Danau maninjau, Sumatera Barat, Ikan nilem diberi pakan secara khusus berupa fitoplankton yang banyak terdapat didanau tersebut. Sehingga mampu membersihkan air danau dari fitoplankton.


Habitat ikan nilem ialah sungai maupun danau yang masih jernih dan belum tercemar. Ikan nilem atau ikan melem termasuk jenis ikan omnivira, yaitu pemakan segala. Untuk nemancing ikan nilem bahu-membahu tidak begitu sulit. Namun kita harus tahu faktor yang mensugesti nafsu makan ikan nilem.

Misalnya cuaca, pada saat turun hujan kondisi air akan keruh. Pada kondisi menyerupai ini umpan yang pas yaitu umpan alami menyerupai udang segar atau cacing tanah. Bisa juga gunakan jenis serangga kecil lainnya.

Pada ketika cuaca atau keadaan air normal, kalian mampu menggunakan lumut sebagai umpan. Bisa juga gunakan umpan racikan supaya mampu lebih jitu. Gunakan umpan yang masih segar berbau wangi supaya lebih menarik hati ikan nilem.


Sebenarnya aneka macam racikan yang digunakan dikalangan pemancing. Namun kali ini mimin akan share umpan ikan melem atau ikan nilem yang menurut mimin paling jitu.

>> Racikan Umpan Jitu Ikan Nilem 1

Bahan - materi :

  1. 2 butir telor bebek
  2. 2 helai daun pandan
  3. 1 buah ubi jalar (rebus)
  4. 1 bgks biskuit marie susu
  5. Tepung terigu secukupnya
  6. Keju kraft 1/4 bungkus.


Cara pembuatan :
Pertama tama rebus telor (masukan putuh dan kuning telor) bersama daun pandan supaya aroma wangi menyerap kedalam telor. Rebus sampai air habis. Setelah matang pisahkan telor dengan daun pandan. Lalu campurkan telor dengan keju (parut terlebih dahulu keju tersebut) aduk sampai menyatu. Lalu masukan ubi jalar yang telah direbus, biskuit marie susu, dan tepung terigu. Kemudian aduk kembali sampai semuanya benar-benar menyatu.

>> Racikan Umpan Jitu Ikan Nilem 2

Bahan-bahan :

  1. 5 tetes essens nangka
  2. 1 bungkus Indomie
  3. 2 buah roti marie susu


Cara membuatnya :
Rebus indomie (ambil mie.nya saja dan ingat rebus jangan terlalu matang). Setelah itu siapkan wadah dan masukan roti marie susu kemudian tumbuk sampai halus, lalu tambahkan indomie dan aduk sampai tercampur rata. Setelah itu tambahkan 5 tetes essens nangka, aduk kembali sampai menyatu. Dan umpanpun siap digunakan.


>> Racikan Umpan Jitu Ikan Nilem 3

Bahan-bahan :

  1. 1 bungkus Kinoy Cristal
  2. 1 Kaleng Deho
  3. 1 bungkus Pa ikin
  4. Air panas secukupnya.


Cara membuatnya :
Siapkan wadah lalu masukan Deho (ambil dagingnya saja). kemudian campurkan kinoy crystal dan pa ikin lalu aduk sampai menyatu. Bila adonan dirasa kurang pulen tambahkan air panas secukupnya.

Demikian umpan jitu ikan nilem yang mampu mimin bagikan. Semoga mampu bermanfaat.

Komentar

  1. thanks infonya, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2pavarw

    BalasHapus

Posting Komentar