Penasaran Cara Marawat Ikan Aligator Yang Benar

Buat pecinta ikan hias pasti sudah tidak abnormal lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan dengan tubuh panjang menyerupai ikan gabus dengan moncong panjang menyerupai buaya. Dengan bentuk yang unik ini ikan aligator banyak dijadikan ikan hias. Ikan aligator berasal dari benua amerika, tepatnya Amerika Tengah dan Selatan.

Banyak sekali jenis Ikan Aligator yang ada, diantaranya :

  1. Longnose gar
  2. Shortnose gar
  3. Spotted gar
  4. Florida gar
  5. Alligator gar
  6. Tropical gar
  7. Cuban gar
  8. Shortnose gar
  9. Longnose gar
  10. Florida gar
  11. Morphs of Gar the Gold gar

Baberapa fakta perihal Ikan Alligator :

1. Ikan aligator termasuk hewan berdarah dingin.

2. Panjangnya bisa mencapai 4 - 7 meter dan berat sampai 350 - 450 kg.

3. Nafsu makan ikan aligator sangat besar, sehingga di alam liar sangat mengganggu populasi ikan-ikan lain disekitarnya.

4. Makanan utama mereka ikan-ikan kecil, serangga, katak, cacing.

5. Giginya yang jumlahnya 75 buah dan sangat besar lengan berkuasa sehingga ikan aligator ukuran pintar balig cukup akal sangat berbahaya.


Banyak Hal yang harus diperhatikan dalam merawat Ikan Aligator :

1. Tempat Pemeliharaan (Aquarium/Kolam)

Sebelum mulai memelihara ikan aligator pastinya kalian harus mempersiapkan kawasan atau wadah untuk memelihara. Dalam memilih atau membuat  wadah harus diubahsuaikan dengan ukuran ikan itu sendiri. Semakin besar ikan aligator tentunya wadah yang digunakan pun harus lebih besar.

Selain itu kondisi aquarium atau bak harus selalu bersih. Bersihkan aquarium atau bak secara rutin semoga terhindar dari penyakit.

2. Suhu Air

Meskipun terdengar sepele, namun perhatian terhadap suhu air akan sangat mensugesti perkembangan ikan aligator. Suhu yang pas untuk ikan aligator berkisar 20 - 25 derajat celcius. Bila kalian memelihara di aquarium sebaiknya tambahkan hiasan menyerupai tanaman air, bebatuan dan pasir semoga menyerupai dengan kondisi dihabitat aslinya.


3. Kualitas Air

Ikan aligator termasuk jenis ikan yang bisa mengikuti keadaan dengan kondisi air yang kurang baik. Meskipun ikan aligator gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan namun sebaiknya gunakan pompa air kecil semoga sirkulasi air bisa lancar. Selain itu ganti air setiap 2 ahad sekali semoga kondisi air tetap bersih. Kebersihan air sangat disarankan semoga nafsu makan ikan terjaga dan warna tubuh terjaga pula.

4. Pakan

Ikan aligator termasuk kedalam jenis ikan karnivora jadi untuk pinjaman pakan bisa berupa ikan-ikan kecil, udang maupun hewan/serangga kecil lainnya. Umpan bisa berupa anakan ikan mas, anakan ikan lele dan lain-lain. Selain itu kalian juga bisa memberi makan berupa pelet. Berikan Pakan Secara rutin semoga Ikan Aligator cepat besar.

harga jual Ikan Aligator dipasarkan indonesia :

1. Spotted Gar

>> Ukuran 10 cm - 20 cm: Kisaran harga Rp. 15.000,00 - Rp. 20.000,00
>> Ukuran 20 cm - 30 cm: Kisaran Rp. 20.000,00 - Rp. 30.000,00

2. Aligator Gar

>> Ukuran 15 cm - 30 cm: Kisaran Rp. 50.000,00 - Rp. 80.000,00
>> Ukuran 30 cm - 40 cm: Kisaran Rp. 80.000,00 - Rp. 250.000,00

Komentar