Penasaran Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium

Memelihara ikan hias memang sudah menjadi demam isu dan hobi di masyarakat. Rasa kepuasan serta ketenangan hati ketika melihat ikan-ikan hias yang indah berenang menyebabkan seseorang ingin memeliharanya. Selain itu bunyi gemericik air yang ditimbulkan juga menyebabkan suasana hati jadi tenang.

Selain hobi ikan hias juga mampu dijadikan penghasilan pelengkap maupun pokok. Tak tanggung tanggung banyak pebisnis ikan hias yang merauk untung hingga jutaan rupiah perbulan. Sebenarnya tidak susah untuk memelihara ikan hias hanya bermodal aquarium dan kesabaran serta keuletan dalam merawat ikan.


Namun harga aquarium tergolong tidak murah. Untuk ukuran 30x20  saja dibandrol kisaran Rp. 100.000,-. Untuk itu kali ini mimin akan share cara membuat aquarium sendiri dengan mudah. Bagi seorang pemula yang belum pernah membuat aquarium pasti beranggapan susah. Padahal membuat aquarium tergolong gampang asalkan kita tahu cara dan triknya.

Dengan membuat aquarium sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya, selain itu bentuknya mampu diubahsuaikan cita-cita kita.

Ok eksklusif saja kita siapkan bahan-bahan yang diharapkan :

  1. Kaca ( tingkat ketebalan beling diubahsuaikan dengan selera kalian)
  2. Pisau Cutter
  3. Lem Silikon
  4. Alat Tembak Lem
  5. Alat Pemotong Kaca
  6. Minyak Tanah
  7. Lakban
  8. Mistar atau Penggaris 
  9. Spidol Warna
  10. Stiker Background Aquarium 
  11. Tanaman Plastik / Hiasan Aquarium
  12. Skimer / Penyaring Air Elektronik
  13. Lampu Hias

Alat Tembak Lem 

Alat Pemotong Kaca

Bahan-bahan diatas sangat mudah didapat dan aneka macam dipasaran. Setelah bahan-bahan diatas terpenuhi waktunya mulai membuat aquarium. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

Berikut langkah-langkah cara membuat aquarium :

1. Tentukan ukuran dan bentuk aquarium yang kalian inginkan. 

Pada umumnya aquarium berbentuk persegi, persegi panjang, segi enam, segi delapan, tabung dan trapesium. Untuk ukurannya mampu kalian sesuaikan sendiri, misalnya 50 x 30 cm, 120 x 50.


2. Memotong Kaca

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memotong beling :

a. Letakkan beling pada permukaann yang rata ibarat meja kayu.

b. Kondisi meja kayu harus rata dan bersih. Hal ini dimaksudkan semoga ketika memotong beling mampu lurus dan menghindari pecah kaca.

c. Tentukan ukuran dan contoh pada beling sebelum mulai memotong. Buat contoh dengan spidol dan penggaris sesuai ukuran yang diinginkan.

d. Rendam pemotong beling kedalam minyak tanah. Fungsinya menghindari panas pada tabrakan ketika memotong beling yang dapat menyebabkan pecah.

e. Potong beling sesuai ukuran atau contoh yang sudah ditentukan.

f. Goreskan pemotong ke beling secara berulang kira-kira hingga setengah dari ketebalan kaca, setelah itu ketok dengan tangan dan beling akan terbelah.

g. Pisahkan dan kumpulkan potongan beling tersebut.


3. Menghaluskan Kaca

Setelah beling terpotong amplas pinggiran beling dengan amplas khusus semoga permukaan pinggir tidak tajam dan rapi.

4. Tempelkan lakban ke pinggir beling yang digunakan menjadi bantalan aquarium

Lakban berfungsi sebagai perekat sementara dengan beling kaca dibagian atas. Selain itu lakban juga menjaga posisi beling semoga tidak bergeser.


5. Lem pinggir beling dengan lem

Gunakan alat tembak lem semoga mempermudah ketika proses pengeleman. Oleskan lem secukupnya dibagian pinggir kaca.




6. Susun Kaca sesuai bentuk yang sudah ditentukan

a. Tempelkan beling / dinding aquarium denganlakban,  kemudian oleskan lem ke kaca.

b. Ulangi hal yang sama pada sisi yang lainnya. Sampai terbentuk aquarium yang diinginkan.

c. Tambahkan lem pada sudut-sudut beling semoga menempel lebih kuat.

d. Setelah semua sudut dilem, lakban episode sisi beling semoga besar lengan berkuasa dan tidak jatuh hingga lem benar-benar kering.

e. Setelah lem benar-benar kering buang lakban serta sisa lem yang menempel dipinggir kaca.


7. Cek kondisi aquarium

Setelah simpulan cek kondisi aquarium bocor atau tidak dengan memasukkan air kedalam aquarium. Bila masih bocor lem kembali episode tersebut. Kemudian bersihkan beling dari kotoran yang masih menempel menggunakan sabun.

8. Pasang Stiker background aquarium

Pasang stiker aquarium pada dalah satu sisi samping. Anda juga mampu eksklusif meletakan kerang, batu, tanaman plastik dan hiasan lainnya.


9. Letakan Skimer atau Penyaring air elektronik serta Lampu hias

Anda mampu meletakkan skimer di episode pojok aquarium. Pasang juga lampu hias di episode atas aquarium untuk mempercantik penampilan.

10. Selesai

Aquarium sudah jadi dan anda boleh mengisi dengan ikan hias pilihan anda. Tapi perlu diingat isi ikan sesuai kapasitas aquarium.

Komentar