Penasaran Cara Membuat Pelampung Pancing Paling Lengkap Dan Mudah

Pelampung merupakan episode yang penting ketika memancing. Fungsinya sangat penting ialah sebagai indikator pada ketika umpan disambar.

Cara Kerja Pelampung

Sesuai fungsinya ialah sebagai indikator, pelampung akan bergerak gerak pada ketika umpan dimakan. Ketika pemancing melempar umpan, mampu umpan buatan maupun umpan hidup. Setelah dilempar umpan akan karam hingga ke dasar dan pelampung akan bangun mengambang di permukaan air. Dan biasanya ikan - ikan kecil akan mrndekati dan memakan umpan. Pada ketika umpan dimakan pelampung akan bergerak naik turun, sedangkan apabila umpan dimakan ikan dengan ukuran besar pelampung bergerak cepat dan karam ke dalam air. Pada ketika itulah moment yang sempurna untuk kalian menghentakan joran. Itulah cara kerja pelampung yang sangat membantu pemancing sebagai petunjuk dimakannya umpan.


Karena fungsinya yang penting seorang pemancing disarankan mempunyai dan membawa serep atau persediaan pelampung lebih dari satu. Pelampung yang ada dipasaran biasanya gampang rusak sebab berbahan dasar plastik bahkan busa. Sebenarnya ada juga pelampung yang berbahan dasar kayu karet atau materi terbaik lainnya. Namun sangat disayangkan pelampung menyerupai ini mempunyai harga yang tidak murah. Memang sih kualitasnya terjamin tapi harganya kurang akrab dengan dompet kita.


Ada baiknya pemancing membuat sendiri pelampung semoga mampu berhemat dan membuat pelampung dengan kualitas yang bagus. Dengan membuat pelampung sendiri kalian mampu menyesuaikan ukuran yang sempurna sesuai keinginan. Bentuknyapun mampu kalian kreasikan sendiri sesuai kreatifitas kalian. Bahan yang dipakai mampu berupa kayu, plastik, gabus, fiber, karet. Bentuknya juga bermacam - macam antara lain memanjang, bulat, oval, dan masih banyak bentuk lainnya tetapi fungsinya tetap sama ialah sebagai indikator.

Cara Membuat Pelampung Sendiri

Pemilihan bentuk pelampung sangat dipengaruhi lokasi dan arus air spot yang akan kita pancing. Bila kalian memancing di empang atau bak pemancingan sebaiknya gunakan pelampung yang panjang antara 9 - 12 cm. Namun jikalau memancing di pantai gunakan pelampung lingkaran atau model gansing. Tetapi lain dongeng jikalau mancing ditengah laut atau trolling biasanya tanpa menggunakan pelampung.

Memancing tidak hanya dilakukan siang hari ada kalanya dilakukan malam hari. Penggunaan pelampung pada malam hari juga tentunya berbeda. Kondisi malam yang gelap berdampak pada pandangan mata yang berkurang. Pada balasannya pelampungpun tidak terlihat jelas, maka dari itu diharapkan suplemen starligh pada ujung pelampung. Gunakan pelampung yang episode ujungnya mampu diganti ganti. Starligh memancarkan cahaya sendiri sehingga pelampung tetap terlihat meski kondisi malam gelap.

Langkah - Langkah Cara Membuat Pelampung Sendiri

Bahan - materi :

  1. Kayu jumlahnya sesuai kebutuan
  2. Lidi atau fiber
  3. kawat
  4. Lem Alteco
  5. Cat (untuk warna sesuai selera).


Cara Membuatnya :
1. Pertama - tama bubut kayu sesuai harapan mampu model memanjang, lonjong dan juga oval, sesuai kebutuhan anda.


2. Buat lubang ditengah pelampung menggunakan bor, gunakan mata bor ukuran 1.5 mm, atau lebih sesuaikan dengan ukuran lidi. Bor pelampung tembus hingga kebagian ujung satunya.


3. Masukan lidi atau fiber kedalam lubang yang kalian bor tadi lalu tuangkan lem.

4. Biarkan lem hingga kering lalu tambahkan kawat pada ujung atas lidi. Kalian mampu menancapkan atau melilitkan kawat keujung lidi.


5. Setelah semua siap tinggal proses finishing. Cat pelampung dengan warna dasar putih. Setelah kering cat pelampung sesuai selera. Pengecatan mampu 2 warna atau lebih.


Sedikit tips jikalau tidak ada alat bubut atau gerinda kalian mampu menggunakan pisau untuk membentuk dan menghaluskan pelampung. Lalu gunakan amplas untuk menghaluskan permukaan pelampung.

Itulah cara membuat pelampung yang mampu kalian coba di rumah. Semoga mampu bermanfaat. Salam Gentak. MANTAP

Komentar