Penasaran Cara Memilih Pelampung Mancing Arus Deras dan Arus Tenang

Pasti kalian tau piranti mancing yang satu ini. Yapp Pelampung atau kumbul merupakan bab penting untuk memancing. Kumbul biasa digunakan untuk memancing di perairan yang hening menyerupai bak pemancingan, sungai, danau. Memilih kumbul atau pelampung yang sempurna sangatlah penting, alasannya yaitu fungsi utama pelampung merupakan indikator. Yakni sebagai tanda dikala umpan di sambar, Namun pelampung juga berfungsi membuat umpan tidak hingga karam kedasar air tetapi menggantung.

Penempatan umpan pada posisi menggantung lebih baik dari teknik glosor alasannya yaitu pada posisi ini umpan lebih terlihat oleh ikan target. Biasanya pelampung terbuat dari materi kayu, gabus, plastik atau fiber dengan bentuk yang sangat beragam. Tetapi pada umumnya bentuknya bulat, memanjang, oval, bundar memanjang, kerucut dan masih banyak bentuk lainnya, akan tetapi pada umumnya mempunyai fungsi yang sama.

Berdasarkan fungsinya pelampung atau kumbul mampu dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu pelampung untuk arus air yang deras dan juga pelampung untuk air tenang.

Cara Memilih Pelampung Untuk Arus Air Yang Deras

Karena kondisi Air yang Deras jadi penggunaan pelampungpun sangat berbeda. Bentuk pelampung lebih besar dan menggembung serta lebih besar dari bab pangkal. Dengan bentuk yang menyerupai ini pelampung tidak mudah terbawa arus air yang deras. Selain itu sangat disarankan menggunakan timah atau pemberat semoga umpan tidak terbawa arus air.


Pelampung menyerupai ini biasanya dipakai untuk memancing di sungai dengan arus deras. Jenis ikan yang hidup diperairan ini menyerupai ikan tawes, ikan hampala, ikan lunjar dan masih banyak jenis ikan perenang cepat lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Pelampung Pancing Paling Lengkap Dan Mudah

Untuk jenis umpan yang dipakai juga harus diperhatikan, umpan yang digunakan harus bertekstur kenyal dan tidak lembek. Menggunakan umpan yang lembek akan mudah hancur dan terbawa arus air. Misalnya kecoa, laron, ulat daun, larva capung dan lain - lain.

Cara Memilih Pelampung Untuk Arus Air Tenang

Berbeda dengan arus air deras, untuk kondisi arus air yang hening dan mampu dibilang tidak berarus. Pelampung atau kumbul yang digunakan mempunyai bentuk yang lebih ramping. Biasanya berbentuk silindris dan memanjang, ada juga silindris dengan bab ujung mengembung.


Pelampung yang satu ini sangat cocok digunakan untuk memancing di pinggiran sungai, danau, maupun bak pemancingan. Karena bentuknya yang kecil dan silindris kumbul jenis ini sangat sensitif. Sedikit saja ikan memangsa umpan, pelampung akan pribadi bergerak gerak. Gerakannyapun terlihat sangat alami dengan kondisi air yang tenang.

Karena bentuk pelampung yang kecil jadi sesuaikan umpan dengan pelampung yang kalian pakai. Usahakan pelampung tidak hingga tenggelam. Posisi pelampung harus mengambang setengah diaatas permukaan air.

Atur panjang pendeknya senar antara kail ke pelampung. Bila pelampung ikut karam panjangkan jarang pelampung ke kail. Namun sebaliknya apabila pelampung mengambang seluruhnya berarti jarak atara pelampung ke kail terlalu panjang.

Ada Juga Pelampung mancing Malam Hari

Sebenarnya pelampung jenis ini tidak ada  bedanya dengan kedua jenis pelampung diatas. Hanya saja ada perhiasan pada bentuk pelampung yang digunakan, untuk memancing pada malam hari dibutuhkan perhiasan starlight atau lampu. Starlight dipakai semoga pelampung tetap terlihat meski kondisi gelap.


Bentuk pelampung harus bolong dibagian atas. Lubang tersebut difungsikan untuk memasang starlight semoga tertancap besar lengan berkuasa dan menyatu dengan pelampung.

Itulah beberapa tips mancing di arus air yang deras dan air tenang. Semoga mampu bermanfaat. Bila kurang terang mampu tanyakan kepada kami di kolom komentar atau kontak kami. Terima kasih. Salam SATU HOBI. mantaaaaaap

Komentar