Penasaran Mengapa Ikan Malas Makan Ketika Air Terlalu Dingin

Ketika suhu air kolam terlalu cuek menyerupai pada isu terkini pancaroba, nafsu makan ikan biasanya akan menurun atau bahkan ikan tidak mau makan sama sekali. Pada kondisi ini sistem pencernaan ikan akan mengalami penurunan yang berakibat ikan tidak mampu mencerna secara optimal jenis makanan yang biasa dikonsumsi dikala suhu air ideal.
Selain sistem pencernaan, pada suhu yang rendah sistem kekebalan badan ikan juga tidak mampu bekerja dengan normal. Kondisi ini diperparah dengan muculnya kuman patogen alias kuman ‘jahat’ yang akan aktif di kala suhu air kolam terlalu dingin.
Inilah mengapa pada suhu yang cuek ikan akan lebih rentan terserang penyakit dan bahkan tidak jarang menimbulkan kematian masal khususnya ikan yang masih stadium benih.
Untuk mencegah kematian masal biasanya pembudidaya ikan akan menunjukkan vitamin khususnya Vitamin C dan B Kompleks yang dicampur ke dalam pakan. Ada juga pembudidaya yang mengaplikasikan penggaraman dan bantuan probiotik sebagai tindakan pencegahan serangan kuman patogen yang aktif pada suhu yang rendah,
Suhu yang ideal bagi budidaya ikan yakni suhu yang stabil di kisaran 28-30 C serta tidak terjadi perbedaan suhu air yang mencolok antara siang dan malam (tidak lebih dari 5 C). Pada kondisi ini ikan akan menunjukkan respon maksimal dikala diberi pakan. Selain itu sistem kekebalan badan ikan juga bekerja optimal pada kondisi tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian Tucker dan Hargreaves, suhu air memang sangat kuat terhadap respon ikan dalam mengkonsumsi pakan. Suhu air yang berada di atas atau dibawah suhu ideal akan menimbulkan nafsu makan ikan turun bahkan tidak mau makan sama sekali.
Respon ikan terhadap pakan tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
Suhu Air (Celcius) Respon Terhadap Pakan
Mendekati 0 Kondisi Kritis, Respon Minimal
8-10 Tidak ada respon
15 Respon berkurang
22 50 % Optimal
28-30 Respon Optimal
33 50 % Optimal
35 Respon berkurang
36-38 Tidak ada respon
38-42 Kondisi Kritis, Respon Minimal
Banyak cara yang mampu di lakukan untuk mengatasi beberapa hal di atas yaitu salah satunya dengan bantuan doping atau penambah nafsumakan ikan.banyaknya produk yang beredar di pasaran beberapa ada yang khusus untuk kebutuhan memancing dan beberapa juga ada yang khusus untuk budidaya.untuk kebutuhan memancing perangsang nafsumakan ikan tentunya di butuhkan yang sesuai,ada sebuah produk yang banyak di gunakan pemancing untuk mengatasi problem tersebut yaitu Omega Mix bait dan power fish amino powder. untuk menerima beberapa produk di bawah ini silahkan menghubungi kami di 08994844445 pin bb 53AF8D73

Komentar