Penasaran Racikan Umpan Ikan Nila Paling Ampuh Dan Cara Mancingnya

Pasti kalian sudah tidak gila lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan yang hidup di sungai, rawa dan juga waduk ini mempunyai sisik yang besar dan duri dibagian atas. Penyebaran ikan nila sangatlah pesat, hal ini dikarenakan ikan nila mempunyai kemapuan pembiasaan yang baik. Sebagian orang menyebut ikan nila dengan sebutan ikan mujair.

Karakteristik Ikan Nila

Ikan nila merupakan jenis ikan omnivora dan termasuk ikan yang rakus. Selain mempunyai kemampuan mengikuti keadaan yang baik ikan nila juga sangat cepat dalam berkembang biak. Tubuhnya yang ramping dan banyak ditemukan duri bertujuan memudahkan ikan nila berenang di habitat aslinya.


Sebenarnya ikan nila berasal dari benua afrika namun di Indonesia ikan ini menyebar di seluruh pelosok daerah. Maka dari itu banyak orang menangkap ikan ini untuk dikonsumsi. Selain itu ikan nila juga sudah banyak dibudidayakan baik di keramba maupun disamping rumah.

Rasanya yang enak dan gurih menjadikan ikan nila menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain itu ikan nila juga sangat mudah didapat dipasar maupun tempat budidaya langsung.

Umpan Jitu Ikan Nila atau Mujair

Umpan merupakan hal paling penting ketika akan memancing. Coba bayangkan memancing ikan tanpa menggunakan umpan atau salah memakai umpan. Misalnya memancing ikan nila tapi menggunakan umpan anakan kodok. Pastinya prosentase menerima ikan sangat kecil bahkan bisa dipastikan tidak akan dapat.

Tiap jenis ikan mempunyai perilaku dan jenis yang berbeda-beda sehingga diharapkan umpan yang berbeda pula. Bagi seorang pemancing tentunya diharapkan pengetahuan tersendiri untuk memilih umpan yang pas untuk ikan target.

Untuk ikan nila sendiri bisa menggunakan umpan berupa cacing, lumut, udang kecil dan juga pelet. Kalian juga bisa meracik umpan dengan materi dasar pelet ditambah bahan-bahan tertentu semoga umpan disukai ikan nila.

Cara Membuat Racikan Umpan Ikan Nila

1. Umpan Ikan Nila Di Kolam Pemancingan

Umpan dengan materi dasar pelet biasanya digunakan di kolam pemancingan, bisa juga dipakai di sungai atau danau. Untuk pelet bisa menggunakan pelet berbentuk serbuk atau pelet budar kecil.

Sebelum dipakai pelet bisa dicampur dengan bahan-bahan lain semoga aroma dan rasanya lebih menarik hati misalnya telor bebek. Sebenarnya pelet juga sudah mempunyai aroma yang khas.

Campur pelet dan telor angsa dengan air hangat secukupnya lalu aduk hingga rata hingga kenyal semoga tidak mudah hancur ketika terkena air. Setelah itu bentuk adonan lingkaran kecil-kecil semoga mempermudah pemasangan ke kail.


2. Umpan Ikan Nila Di Sungai Dan Danau

a. Lumut

Lumut merupakan umpan paling jitu untuk memancing ikan nila di sungai, rawa maupun danau. Hal ini disebabkan karena makanan asli ikan nila di habitat aslinya yaitu lumut. Mencari lumut untuk umpan tidaklah susah, lumut banyak tumbuh dipersawahan atau kubangan air yang sudah lama.

Sekarang juga sudah banyak penjual lumut segar khususnya disekitar danau atau waduk. Pilihan lumut dengan tekstuk agak bergairah tapi masih lembut. Biasanya lumut menyerupai ini berwarna hijau agak tua.

Pilih lumut yang ukurannya panjang sehingga memudahkan lumut ketika dikaitkan ke kail. Bila tekstur lumut kurang lembut anda bisa menambahkan sedikit garam sebagai campuran. Kalian juga bisa vanila atau essen pandan semoga aromanya lebih menggoda.

b. Cacing

Selain lumut, cacing juga bisa digunakan untuk memancing ikan nila. Namun perlu kalian ketahui dalam memilih cacing tidak boleh sembarangan. Gunakan  cacing dengan ukuran kecil menyerupai cacing merah dan cacing sawah.

Tapi menurut pengalaman para pemancing umpan cacing lebih disukai ikan nila ukuran kecil hingga sedang. Dan jarang sekali ikan nila babon menyambar umpan cacing.

Tapi tidak ada salahnya menggunakan cacing sebagai umpan. Ikan nila juga termasuk jenis ikan yang gampang bosan. Makara jikalau umpan lumut sudah tidak disambar bisa menggantinya dengan cacing.

3. Umpan Ikan Nila Di Air Payau (Tambak Bandeng)

Sebenarnya umpan untuk memancing di air payau tidak berbeda dengan air tawar. Umpan berupa lumut dan cacing juga bisa digunakan. Namun umpan paling jitu yaitu udang, umpan berupa udang bisa dipakai untuk memancing ikan nila kecil maupun nila babon.

Buang kepala dan kaki udang lalu kaitkan kekail. Bila udang terlalu besar potong jadi dua episode seukuran kail.

Tips mancing ikan nila di tambak bandeng atau air payau:
carilah tambak yang sudah lama
air tambak berwarna kehijauan
banyak ditumbuhi lumut.

4. Umpan Ikan Nila Babon

Memilih umpan ikan nila babon memang tidak mudah. Selain itu berdiam di lubang dan tidak aktif menyerupai ikan nila yang lain. Sebelum memancing tentunya kita harus mengetahui eksistensi sarang atau lubang ikan nila babon.

Sebenarnya memancing menggunakan lumut juga sering menerima strike ikan nila babon. Selain itu bisa menggunakan cutton bud sebagai umpan. Caranya ambil cutton bud berwarna putih lalu lilitkan hingga menutupi kail.

Selain cutton bud kalian juga bisa menggunakan sterofom bekas sebagai umpan. Cara mancingnya sama  seperti menggunakan umpan lainnya.


Tips Dan Cara Mancing Ikan Nila

Sebelum mulai memancing kalian harus tahu dulu trik mancing termasuk umpan yang pas. Untuk memancing ikan nila kalian bisa menggunakan umpan alami menyerupai cacing, kroto, laron serta lumut. Tapi menurut pengalaman mimin umpan paling jitu ialah lumut.


Tips Dan Trik Mancing Ikan Nila Liar :

1. Memancing ikan nila sebetulnya tergolong mudah karena ikan nila termasuk omnivora atau pemakan segala. Namun mimin sarankan gunakan  lumut sebagai umpan. Lumut sangat disukai ikan nila karena lumut merupakan makanan utama dihabitatnya.

2. Ikan nila merupakan ikan yang cepat bosan. Makara sebaiknya bawa 2 atau 3 jenis umpan. Bila umpan pertama sudah tidak disambar gantilah dengan umpan yang lainnya.

3. Ikan nila biasa membuat lubang didasar sungi atau kolam, lubang ini berfungsi sebagai tempat persembunyian, perkawinan dan pemijahan. Makara pertama-tama carilqh lubang-lubang tersebut. Biasanya lubang berada di kawasan tepian yang agak dangkal disekitar tanaman air.

4. Siapkan piranti mancing menyerupai joran tegek, kenur, kail, pelampung serta umpan.

5. Penggunaan joran menyesuaikan tempat memancing. Bila memancing di perairan yang banyak di tumbuhi tanaman air gunakan joran tegek yang agak panjang semoga bisa menjangkau spot tertentu.

6. Sesuaikan panjang kenur dengan panjang joran semoga ketika strike bisa lebih mudah. Ukuran kenur bisa memakai 4-8 lbs, sedangkan mata kail sekitar 7-11 lbs.

7. Setel pelampung sepanjang kedalaman sungai atau kolam. Lalu lempar umpan ke spot yang kalian ras ada ikan.

8. Perhatikan pergerakan pelampung, bila ada pergerakan pada pelampung segera hentakan pelampung semoga kail menancap pada lisan ikan.


Tips Memancing Ikan Nila Yang Susah Makan

1. Bila air sungai terlalu jernih biasa ikan engan untuk menyambar umpan. Buat kondisi air agak sedikit keruh.

2. Namun perlu diperhatikan jangan terlalu keruh semoga sirkulasi oksigen lancar.

3. Pada situasi menyerupai ini umpan berupa cacinglah yang paling jitu. Anda juga bisa menggunakan umpan lumut tapi harus dicampur dengan cacing kecil-kecil atau bisa juga jentik-jentik nyamuk.

4. Gunakan pelampung ukuran kecil semoga pada ketika umpan dilempar tidak menjadikan getaran yang kencang sehingga ikan tidak kabur.

5. Bila ikan target terlihat dari atas, lempar umpan disekitar kerumunan ikan lalu tarik atau gerakan-gerakan umpan secara perlahan semoga lebih menarik hati ikan.

Perlu kalian ketahui bahwa ikan nila akan selalu bergerombol ketika mencari makan maupun berdiam di sarang.

Memancing ikan nila akan lebih mudah ketika hujan turun atu ekspresi dominan penghujan. Pada ketika ekspresi dominan hujan kadar oksigen dalam air akan meningkat sehingga ikan nila akan mudah lapar.

Pada ketika hujan turun ikan nila akan lebih sering berenang ketepian, jadi memancinglah ditepian sungai atau kolam.

Sekian Tips memancing ikan nila dari mimin. Salam GENTAK.

Komentar

Posting Komentar