Penasaran Racikan Umpan Ikan Wader Paling Ampuh Di Sungai Dan Rawa

Ikan Wader merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai kecil, persaeahan, kanal irigasi maupun sungai besar. Dibeberapa kawasan ikan wader mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Misalnya orang betawi menyebutnya ikan cere, ikan paray sebutan ikan wader oleh orang Sunda, di sumatera disebut ikan pantau dan ikan seluang di kalimantan, sedangkan orang jawa menyebutnya ikan wader ijo, ikan gotor, ikan lunjar dan ikan tompok dua.

Habitat yang disukai ikan wader yaitu pedoman air yang deras dengan kondisi air yang masih jernih, dengan babatuan disekitarnya alasannya ialah ikan wader mencari makan berupa hewan kecil yang hidup disekitar bebatuan. Ikan wader sampaumur tumbuh hanya sekitar 4 hingga 5 jari saja, namun ikan ini tetap menjadi target para pemancing alasannya ialah tarikannya yang kuat. Meski ukurannya yang tergolong kecil namun dengan bentuk tubuhnya yang memanjang dan merupakan perenang cepat, ikan wader akan membuat pemancing kewalahan.


Sebelum memancing ikan wader di alam liar kalian wajib mempersiapkan peralatan, umpan serta teknik untuk mancing ikan wader sesuai spot atau lokasi mancing.

1. Peralatan/Piranti (Joran, Senar, Kail) untuk mancing ikan wader.

Dalam memilih piranti tidak boleh di anggap remeh. Meskipun ikan wader tergolong ikan yang gampang dipancing namun sebaiknya gunakan piranti yang pas semoga sensasi ketika memancing lebih terasa. Untuk pemilihan joran kalian bisa menggunakan joran dengan panjang antara 120 - 150 cm dengan tingkat kelenturan yang tinggi. Namun apabila kalian menemukan spot yang sulit dijangkau kalian bisa gunakan joran lebih panjang.

Dalam memilih senar juga tidak kalah penting. Untuk sungai atau spot dengan arus deras dan kedalaman sekitar 1 meter disarankan menggunakan senar dengan ukuran 1.5 lbs - 2.5 lbs. Namun jikalau spot berupa rawa, kolam, atau danau dengan air yang hening gunakan ukuran 0.5 lbs - 1 lbs.

Selain joran dan senar ada satu lagi piranti yang perlu perlakuan khusus yaitu pemilihan kail. Ukuran verbal ikan wader yang kecil harus diubahsuaikan dengan kail juga. Dalam menentukan ukuran kail sebaiknya gunakan kail no. 0.1 hingga no. 0.8.


2. Teknik atau cara mancing ikan wader liar di sungai, rawa atau danau

Kebiasaan ikan wader mencari makan di dasar sungai. Maka dari itu teknik paling jitu untuk mancing ikan wader yaitu teknik glosor dimana umpan berada diujung dan dibawah pemberat serta tanpa menggunakan pelampung. Namun apabila spot dangkal dan kurang dari 1 meter sebaiknya gunakan pelampung. Tapi  tetap gunakan pelampung ukuran kecil semoga terlihat ketika umpan disambar ikan wader.

Dalam menyambar umpan ikan wader akan pribadi dibawa di santap. Biarpun bentuk tubuhnya yang kecil namun ketika memakan umpan terlihat ibarat ikan babon. Berbeda sekali dengan ikan mas dan ikan nila, yang ketika menyantap umpan dengan pelan dan hati-hati.

3. Umpan Jitu Mancing Ikan Wader Di Alam Liar

Hal paling utama ketika akan mancing tentu saja umpan. Kenapa?? Karena umpan yang jitu dan ampuh akan lebih menarik ikan untuk menyambarnya. Inilah beberapa umpan yang jitu untuk mancing ikan wader di sungai maupun danau.


  1. Cacing Sawah
  2. Cacing Merah
  3. Rayap Karet
  4. Rayap Bambu
  5. Larva Buah Nangka
  6. Ulat Batu
  7. Cacing Kawat
  8. Laron
  9. Kecoa



Selain umpan alami diatas kalian juga bisa menggunakan umpan racikan. Inilah beberapa umpan racikan yang juga ampuh untuk mancing ikan wader.

1. Mie Instant + Sari Buah (essen rasa buah)

Cara membuatnya :
Tumbuk mie instant hingga halus lalu rebus mie instant setelah matang tambahkan 3 tetes essen kedalam adonan lalu ratakan. Kemudian bentuk lingkaran kecil-kecil, umpanpun siap digunakan.

2. Umpan Ikan Wader 2

Bahan :

  1. Jagung muda
  2. Mentega
  3. Perangsang Ikan
  4. Kinoy kristal


Cara membuatnya :
Parut jagung muda lalu kukus hingga matang dan mengeras lalu tambahkan perangsang. Bila adonan masih kurang keras tambahkan kinoy kristal secukupnya. Setelah tekstur adonan dirasa cukup bentuk sesuai keinginan. Umpan ini bisa bertahan hingga 4 jam.

Sekian tips dan umpan memancing ikan wader liar di sungai, danau maupun rawa. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat.

Komentar