Penasaran Tips Dan Cara Memancing Belut Paling Ampuh Di Sawah Sungai

Ikan belut mempunyai bentuk yang menyerupai dengan ular. Hal itu yang membuat sebagian orang enggan untuk menyantapnya. Permukaannya yang licin membuat belut sulit ditangkap dengan tanagan kosong. Tapi jangan salah meski bentuknya angker belut punya banyak kandungan gizi yang penting buat tubuh.

Menurut mimin belut juga jenis ikan air tawar yang mempunyai rasa paling enak dan gurih. Namun sangat disayangkan harga perkilonya cukup tinggi. Harga perkilonya mampu mencapai 30 - 50 ribu rupiah. Tapi hening kali ini mimin akan membuatkan tips dan cara memancing belut.


A. Habitat Belut

Sebelum mulai memancing belut paatinya kalian harus tahu karaktetistik dan tempat hidup belut itu sendiri. Belut sangat menyukai kawasan yang berlumpur menyerupai sawah, rawa maupun sungai. Belut akan membuat lubang dipinggiran perairan sebagai tempat persembunyian mereka.

Mereka akan keluar dari lubang untuk mencari makan. Belut hanya akan keluar lubang pada malam hari sedangkan siang hari belut akan bersembunyi di dalam lubang. Belut dengan ukuran kecil hingga sedang biasanya banyak ditemukan di area persawahan. Sedangkan belut ukuran besar biasanya mencari tempat yang lebih luas menyerupai kanal irigasi atau parit. Pada ketika berkembangbiak belut akan mencari tempat yang lebih dangkal.

B. Peralatan Yang Harus Dipersiapkan

1. Benang / Senar

Memancing belut sangatlah berbeda dengan memancing jenis ikan pada umumnya. Memancing belut tidak memerlukan reel maupun joran cukup bermodalkan senar atau benang serta kail yang pas. Meskipun terlihat sangat sederhana namun sensasi mancing belut perlu kalian coba.

Memancing belut tak kalah menegangkan dengan strike ikan lainnya. Bahkan mampu mimin katakan lebih menguji adrenalin kita. Dengan hanya bermodal senar dan kail secara eksklusif ketika strike terjadi kita akan eksklusif menariknya manual. Disitulah andrenalin kita akan lebih terpacu. Rasa deg deggan serta was was dengan apa hasil tangkapan.

Untuk pemiihan senar gunakan senar ukuran sedang lalu lilit 2 benang menjadi satu. Namun perlu diingat belut mempunyai gigi yang cukup tajam untuk mematahkan benang dengan mudah. Bila ingin lebih berpengaruh kalian mampu menambahkan kawat neklin pada ujun lilitan.


2. Kail

Pemilihan kail yang sempurna memang harus dilakukan. Fungsi kail memang sangatlah penting kail akan eksklusif bersentuhan dengan belut ketika strike. Kail harus berbahan dasar stainless steel selain itu kail juga harus punya ketajaman yang bagus. Ukuran kail mampu menggunakan nomor 4 - 7 tergantung belut target kalian.

3. Umpan Jitu Mancing Belut

a. Anakan Katak(percil)

Belut merupakan jenis ikan pemakan daging atau karnivora namun sangat mimin rekomendasikan anakan katak atau percil sebagai umpan. Umpan ini tergolong sangat jitu, penggunaannya cukup kaitkan percil ke kail lalu masukan kedalam lubang belut.

b. Cacin Tanah

Cacing juga umpan yang tidak kalah jitu dengan percil. Untuk mencari cacing tanah juga tidaklah sulit, cacing tanah banyak ditemukan di tanah yang gembur menyerupai di sekitar pohon pisang atau dibawah pohon yang tumbang. Jenis cacing tanah yang ampuh yakni cacing merah. Umpan cacing ini juga umpan yang wajib mimin bawa ketika memancing belut.

c. Keong Sawah

Baunya yang anyir akan sangat menarik hati belut untuk memakannya. Keong sawah banyak ditemukan di area persawahan maupun di sungai. Pecahkan cangkang keong lalu potong keong seukuran kail kalian lalu kaitkan keong kekail. Umpan ini mampu dijadikan alternatif ketika kalian kehabisan umpan.

d. Telur

Jangan salah meskipun terlihat abnormal umpan menggunakan telur juga tak kalah ampuh dengan ketiga umpan lainnya. Cukup sediakan satu butir telur ayam atau angsa (bila ada telur busuk). Masukan telur kedalam wadah atau botol lalu kaitkan kapas pada kail secukupnya kemudian celupkan kail yang sudah dililiti kapas kedalam telur tadi. Umpanpun siap digunakan untuk menerima strike belut.


C. Cara Memancing Dan Mencari Keberadaan Belut


Tips Memilih dan Mencari Lubang Belut

  • Lubang belut biasanya terdapat dipinggiran perairan namun ada juga yang berada ditengah sawah. 
  • Lubang belut berbentuk bundar dan curam kedalam dan permukaan atas sedikit becek dan berlumpur.
  • Lubang belut yang masih dihuni berbentuk rata dan terlihat bersih. 
  • Belut terkadang sering muncul dan masuk kedalam lubang.

Tips Dan Cara Memancing Belut

1. Siapkan peralatan menyerupai alat pancing yang sudah dirakit, sarung tangan, tang kecil.
2. Carilah lubang dengan kondisi sekitar lubang masih rapi dan sedikit becek serta tidak ada kandungan pasir.
3. Belut biasanya membuat lubang disekitar tanaman air menyerupai padi,  kangkung atau tumbuhan air lainnya.
4. Perlu diingat jangan hingga salah memilih lubang. Lubang belut tidak berbeda jauh dengan lubang ular. Bedanya lubang belut lebih bersih dan rapi sedangkan lubang ular biasanya terdapat genangan air.
5. Jika sudah menemukan lubang belut, bersihkan area sekitar lubang biar mempermudah ketika memancing.
6. Pasang umpan pada mata kail lalu masukan umpan dan senar dengan cara diplintir.
7. Usahakan umpan dibuat gerakan alami seolah olah umpan bergerak naik turun serta diputar-putar.
8. Setelah umpan disambar tahan dan tarik senar biar tidak terbawa masuk. Usahakan senar tidak kendor biar belut tidak punya celah untuk meloloskan diri.
9. Tarik perlahan senar hingga keatas, kalau belut sudah terlihat pegang belut dengan sumbangan tang dan sarung tangan.

Selamat mencoba sensasi strike yang berbeda. Salam satu hobi. Mantaaap. 

Komentar