Penasaran Tips Dan Cara Memancing Kepiting Bakau Paling Ampuh!!!!!

Kepiting Bakau merupakan jenis kepiting dengan ukuran yang relatif lebih besar. Rasanya yang gurih menjadi daya tarik sendiri buat para pencinta kuliner, khususnya seafood. Berbeda dengan jenis hewan lainnya yang biasanya semakin bau tanah daging akan alot dan kurang enak. Tapi berbeda dengan Kepiting bakau semakin bau tanah semakin lezat dan gurih. Harganya pastinya semakin mahal pula.

Untuk menangkap kepiting bakau ini ada 2 cara:

  1. Pancing Kepiting Bakau menggunakan umpan.
  2. Tangkap Kepiting Bakau dengan umpan batu.


1. Pancing Kepiting Bakau menggunakan Umpan

Buat kalian yang sering memancing di muara atau perairan payau pasti sering umpannya dimakan kepiting ini. Cara makan kepiting bakau tidaklah sama dengan layaknya ikan menyambar. Kepiting bakau hanya  mencapit dan mencabik cabik mangsanya gres memakannya. Kaprikornus tidak akan ada sambaran ketika mancing hewan yang satu ini. Saat joran digulung hanya akan terasa kail tersangkut sampah.

Adapun beberapa macam umpan yang mampu dipakai untuk mancing kepiting ini, diantaranya :

  1. Kepala Ayam
  2. Usus Ayam
  3. Kulit Ayam
  4. Potongan Ikan


Sebaiknya gunakan umpan dengan busuk bacin yang lebih menyengat. Kepiting bakau lebih menyukai umpan ibarat ini. Pasang umpan pada kail lalu tenggelamkan, sebab kepiting tidak menyambar sebaiknya periksa 5 hingga 10 menit sekali.

Saat mengangkat kepiting siapkan serokan supaya kepiting tidak melarikan diri. Dan perlu diingat jangan eksklusif pegang kepiting, gunakan alat bantu ibarat kayu untuk memegang.

2. Tangkap Kepiting Bakau dengan Umpan Batu

Sebenarnya cara yang kedua bukan memancing, lebih tepatnya menangkap secara langsung. Pada dasarnya kepiting merupakan tipikal yang gampang marah. Kalau bahasa manusianya emosian.heee. Untuk itu kita manfaatkan kelemahan kepiting yang satu ini. Saat kepiting marah beliau akan mencapit musuhnya dengan sangat besar lengan berkuasa hingga musuhnya tak berdaya dan mati.

Yang terpenting kita harus mengetahui posisi kepiting buruan kita. Karena kita tidak akan memancing tapi menangkapnya. Sebelum mulai menangkapnya siapkan tali nilon untuk mengikat umpan. Dalam menangkap kepiting mimin rasa tidak memerlukan joran. Siapkan juga jaring atau serokan.



Gunakan kerikil sebagai umpan lalu ikat pada tali nilon. Kemudian dekatkan kerikil dengan kepiting, kepiting akan menduga kerikil yaitu musuh dan akan menjepitnya. Saat kerikil dijepit gerak-gerakan kerikil seakan-akan musuhnya berontak dan kepiting akan lebih besar lengan berkuasa menjepit kerikil tersebut.

Angkat nilon dan tangkap kepiting dengan jaring. Hati-hati ketika mengambil kepiting bakau, capitnya yang besar dan besar lengan berkuasa sangat berbahaya. Pegang episode atas kepiting lalu ikat kedua capitnya. Itulah tips menangkap kepiting bakau, semoga bermanfaat.

Komentar