Penasaran Tips Mancing Ikan Belanak Paling jitu

Strike dikala memancing tentunya hal yang paling ditunggu tunggu pemancing. Pemancing rela menunggu beberapa jam demi mencicipi strike ikan target. Pastinya percuma memancing tanpa mampu mencicipi strike. Perlawanan ikan yang besar lengan berkuasa akan menambah sensasi yang pemancing rasakan. Terlebih mampu mendaratkan ikan target akan menambah kepuasan tersendiari, walaupun harus bersusah payah dahulu. Dan kali ini mimin " sebutan untuk saya(admin)" akan membahas ikan belanak.

keprifishingclub.com image
Walupun ikan belanak kurang populer dibandingkan saudara jauhnya "ikan mujair". Sebenarnya ikan belanak tidak jauh beda dengan ikan mujair tingkah laku mereka ibarat satu sama lain. Ikan belanak hidup bergerombol dalam mencari makan atau sekedar jjs (jalan jalan sore), heee gaul banget tu ikan ya pake jjs segala. Umpan jitu ikan belanak juga sama yaitu lumut, tapi ada sedikit perbedaan dengan lumut yang jadi santapan ikan belanak.


Lumut untuk ikan belanak cenderung lebih halus dibandingkan makanan ikan nila/mujair. Lumut untuk ikan nila berbentuk helaian helaian memanjang bertekstur halus hingga kasar. Sedangkan lumut untuk umpan belanak berbentuk lembaran dan bertekstur halus pula, bahkan lebih halus. Lumut ini akan hancur ketika dipegang alasannya yaitu saking halus dan lembutnya.

argotani.com image

  Memancing ikan belanak sangatlah berbeda dengan memancing ikan lainnya. Sebenarnya mimin belum pernah mencoba strike ikan ini. Namun dari perbincangan sesama pemancing ada trik khusus untuk mengambil umpan lumut ini. Lumut ibarat ini banyak ditemukan di jalan masuk saluran air, sungai, maupun tepian danau. Lumut jenis ini tumbuh didasar air, namun kita tidak harus menceburkan diri untuk mengambilnya. Hal itu malah akan membuat lumut itu hancur. Cukup tunggu lumut naik kepermukaan air lalu ambil dengan serokan, serokan tidak berbentuk jaring tapi serokan dengan kain tipis untuk menyaring dan mengambil semoga lumut tidak hancur. Selain lumut udang juga mampu menjadi alternatif umpan.

Setelah umpan siap pastinya diharapkan piranti untuk memancingnya. Disarankan menggunakan joran tegek,  ukurannya mampu kita sesuaikan dengan spot tujuan. Tapi minimal gunakan joran ukuran 1.5 meter. Gunakan senar ukuran sedang dan kail nomor 7. Pakai juga pelampung sebagai indikator dikala umpan disambar ikan belanak. Disarankan pakai pelampung yang materi dasarnya ringan sehingga lebih sensitif dikala umpan disambar. Panjang senar dari pelampung hingga ke umpan kira - kira 30 cm.

Cari spot yang potensial untuk melempar umpan kalian. Terlebih dulu tebarkan umpan lumut disekitaran semoga ikan ikan berkumpul. Jika sudah berkumpul segera lempar umpan ke area tadi. Perlu diketahui ikan belanak akan berebut makanan dikala menyantapnya, jadi tidak menutup kemungkinan kalian akan strik berkali - kali hanya di satu area.

Komentar