Penasaran Umpan Dan Teknik Mancing Ikan Kakap Putih / Barramundi

Lautan indonesia memang sangat kaya dan melimpah terutama untuk jenis ikan yang hidup didalamnya. Banyak sekali jenis ikan yang hidup disana, dari yang ukurannya sangat kecil hingga ukurannya lebih dari 5 meter. Itulah alasan kenapa para pemancing memilih lautan sebagai spot yang sangat potensial. Dan kali ini mimin akan bahas wacana ikan barramundi.

Ikan Kakap putih mempunyai sebutan yang berbeda-beda ibarat ikan cukil/cabikan/barramundi. Ikan barramundi termasuk kedalam keluarga kakap. Barramundi atau sering dibilang kakap putih punya ukuran lebih besar dari jenis kakap merah. Ukurannya yang lumayan besar serta perlawanannya yang mantap dikala kail sudah menancap dimulut ikan. Hal inilah alasan ikan barramundi sebagai target pemancing.


Habitat ikan Barramundi/Kakap Putih

Ikan barramundi lebih menyukai perairan pantai untuk mencari makan. Saat bertelur ikan barramundi akan mendatangi pantai dan membesarkan anaknya disana alasannya yaitu dipantai banyak terdapat nutrisi. Ikan barramundi akan mendatangi pinggiran pantai yang ditumbuhi bakau, muara sungai atau area tambak bandeng.

Di area pertambakan ikan barramundi dianggap hama alasannya yaitu akan merusak bibit ikan bandeng. Ikan kakap putih atau barramundi sangat rakus dikala makan. Maka dari itu petani ikan sangat waspada akan eksistensi ini.

Macam-macam Umpan Jitu Ikan barramundi

Umpan berupa udang rasanya memang sudah menjadi keharusan atau menu wajib dikala memancing ikan barramundi.

Jenis-Jenis Udang Umpan Memancing Ikan Barramundi/Kakap Putih :

1. Udang Putih



Udang putih hidup di sungai-sungai atau air tawar, umpan satu ini tergolong sangat efektif untuk mendaratkan ikan barramundi. Kalian mampu membelinya di pasar-pasar atau penjual khusus di kawasan anda.

Namun udang yang satu ini sudah sangat jarang sekali ditemukan. Mungkin memang habitatnya yang sudah mulai tercemar.



2. Udang Vaname atau Udang Tambak



Udang vaname hidup didaerah muara, hutan bakau dan air payau. Udang vaname yang masih segar juga mampu dijadikan umpan alternatif untuk mancing ikan barramundi. Untuk menerima udang vaname pun tidak susah, banyak dijual dipasar-pasar tradisional.

3. Udang Air Payau



Udang biasa atau udang air payau juga sering dijadikan umpan untuk mancing ikan barramundi. Kelebihan udang ini lebih besar lengan berkuasa dan tahan lama di dalam air laut maupun air payau. Udang ini juga sering dipakai untuk mancing banyak sekali jenis ikan laut lainnya ibarat ikan kerapu, ikan kudapan manis dan jenis lainnya.

Namun pada dikala udang ini sekarat atau akan mati warna tubuhnya akan berubab kecoklatan. Berbeda dikala udang ini masih segar akan berwarna putih bening. Sebaiknya pakai udang yang masih segar semoga pemangsa lebih tertarik menyambar.

Dari ketiga jenis udang diatas udang putih yang paling favorit bagi pemancing untuk mendaratkan ikan barramundi. Udang putih juga sangat ampuh untuk memancing ikan laut lainnya. Namun kita harus merogoh kantong lebih dalam untuk menerima udang ini. Maklum harga udang putih dipasaran cukup mahal.

Bicara soal umpan ikan barramundi pasti tidak akan jauh dengan udang. Udang hidup memang sangat jitu untuk mendaratkan ikan barramundi. Namun bersama-sama masih ada umpan jitu selain udang. Tahukan anda? ikan keting atau ikan lundu termasuk umpan yang tergolong jitu. Hal ini sudah dibuktikan oleh warga sekitaran pantai anyer.

Pemancing pantai anyer biasa menggunakan ikan keting atau lundu sebagai umpan. Dan risikonya ternyata tidak mengecewakan. Ikan barramundi ukuran babon mampu didaratkan.

Sebenarnya umpan ikan barramundi sangat bervariasi, namun umpan alami lebih populer dan jitu untuk mancing ikan ini. Sebenarnya umpan buatan juga ampuh loh.! . Selain udang dan ikan lundu masih banyak sekali umpan hidup yang juga ampuh.

Berikut ini jenis jenis umpan ikan hidup untuk memancing ikan barramundi :


  • Udang putih besar dan segar
  • Ikan keting/lundu
  • Ikan betok
  • Anakan ikan bandeng
  • Anakan ikan belanak
  • Cumi-cumi kecil


Itulah beberapa umpan yang menurut saya jitu. Untuk mendapatkannyapun saya rasa tidak susah. Di pasar-pasar atau di toko ikan banyak yang menjualnya. Pada trend bertelur ikan barramundi umpan akan cepat sekali habis jadi sebaiknya sediakan umpan lebih banyak dari biasa.

Komentar