Penasaran Umpan Ikan Baung : Umpan Kucur Paling Ampuh

Tentu kalian tidak abnormal lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan baung mempunyai rasa daging yang gurih serta sensasi strike yang akan membuat pemancing kewalahan ketika bertarung. Ikan baung banyak ditemukan di indonesia ibarat jawa, sumatera, kalimantan dan beberapa tempat lainya.

Ikan ini mempunyai nama yang berbeda-beda disetiap daerah. Misalnya ikan sengol di jawa barat, ikan beong di jawa tengah, ikan patik di Kalimantan dan masih banyak nama lain diberbagai daerah.


Umpan Kucur Umpan Jitu Mancing Ikan Baung

Untuk memancing ikan baung tidaklah susah, ikan ini termasuk ikan yang rakus dan tidak pilih-pilih umpan. Namun kita juga harus tetap mempersiapkan umpan terbaik semoga akhirnya mampu lebih memuaskan. Bicara perihal ikan baung tidak akan lengkap tanpa membahas umpan kucur.

Apa itu umpan kucur?? Didaerah sumatera dan kalimantan ada umpan yang khusus digunakan untuk memancing ikan baung yaitu umpan kucur. Umpan kucur terbilang sangat ampuh untuk mampu mendaratkan ikan baung.

Cara Membuat Umpan Kucur

Umpan ini terkenal sangat jitu namun baunya sangat menyengat dan busuk. Umpan kucur ialah umpan yang terbuat dari daging ikan baung juga ditambah jeroan kambing atau usus ayam ditambahkan segumpal kapas sebagai medianya.


Bahan - bahannya :

  1. Daging ikan baung secukupnya (bisa juga pakai daging ikan lain. 
  2. Usus ayam secukupnya.
  3. Lemak kambing atau lemak sapi secukupnya.
  4. Kapas secukupnya.


Cara Meracik :

  1. Masukan semua materi kedalam wadah kecuali kapas yang mampu ditutup rapat ibarat toples. 
  2. Tutup toples rapat dan usahakan kedap udara.
  3. Setelah itu timbun toples dalam tanah hingga semua materi membusuk kurang lebih 3 hari 3 malam. 
  4. Lalu angkat toples kemudian campurkan kapas kedalam adonan. Lalu tutup kembali toples dan diamkan kembali adonan 1 hari 1 malam semoga wangi menyengat meresap kedalam kapas. 
  5. Dan umpanpun siap dugunakan. Ambil secuil kapas lalu kaitkan ke kail. 
  6. Lempar umpan ke spot tertentu lalu tunggu hingga umpan disambar.


Karena prosesnya yang cukup lama serta baunya yang sangat menyengat banyak pemancing yang enggan menggunakan umpan ini.

Namun jikalau kalian malas dan repot meracik umpan ini, Sekarang sudah banyak yang menjual umpan kucur ini. Hanganyapun tidak terlalu mahal kisaran Rp. 25.000 - Rp. 35.000. Cukup mencuil sedikit kapas lalu kaitkan kekail dan lempar ke spot tertentu.

Bila kalian tidak berpengaruh dengan wangi yang dihasilkan umpan kucur. Bisa menggunakan umpan alternatif yang tidak kalah jitu.

1. Usus Ayam

Salah satu umpan jitu selain kucur yaitu usus ayam. Perlu kita ketahui pada dasarnya ikan kucur sangat menyukai umpan dengan wangi yang menyengat. Usus ayam juga memiliki wangi yang cukup menyengat meski masih mentah. Agar akhirnya lebih memuaskan tambahkan kuning telor angsa atau lemak sapi atau kambing semoga baunya lebih khas dan menggoda.

2. Pelet Udang

Umpan pelet juga mempunyai wangi yang menyengat sehingga cocok untuk memancing ikan baung. Dari banyak sekali macam pelet menurut pengalaman para pemancing pelet udang yang paling disukai ikan baung. Untuk menggunakan umpan pelet kalian mampu mencampurnya dengan kuning telor angsa atau terasi semoga lebih jitu.

3. Cacing

Cacing memang jadi umpan wajib buat hampir semua jenis ikan. Tak terkecuali ikan baung, di habitat aslinya cacing juga menjadi makanan favorit ikan baung. Karena memang banyak hidup di rawa dan sungai yang menjadi habitat ikan baung sendiri.

Untuk menggunakan umpan cacing mimin rasa tidak memerlukan campuran materi lainnya. Cukup kaitkan dua atau tiga cacing kekail dan umpan siap digunakan.

Selain beberapa umpan diatas masih banyak umpan alami lainnya seperti: jangkrik, ulat daun pisang, kroto, laron dan jenis serangga lainnya.

Tips Mancing Ikan Baung

Ikan baung termasuk kedalam keluarga lele atau ikan berkumis. Ikan jenis akan lebih aktif malam hari ketika mencari makan. Pada malam hari ikan baung lebih mengandalkan indera penciumannya ketika mencari makan.

Maka dari itu gunakan umpan yang berbau tajam semoga lebih ampuh. Dan perlu mimin ingatkan lagi umpan kucur mampu jadi andalan alasannya yaitu baunya yang wauww.

Sebagai embel-embel saja ikan baung senang berdiam du lubuk-lubuk sengai dengan membuat sarang atau liang didasar sungai.

Komentar