Penasaran Umpan Ikan Jelawat Paling Jitu Dan Terbukti Ampuh

Mungkin belum banyak orang yang mengenal ikan jelawat. Wajar saja jikalau ikan jelawat kalah tenar dengan ikan-ikan lain ibarat ikan lele dan ikan mas. Maklum ikan jelawat hanya mampu dijumpai dihabitat aslinya di Semenanjung Malaya dan Pulau Kalimantan. Di Jambi ikan jelawat biasa disebut ikan jelejar sedangkan di Malaysia biasa disebut ikan sultan. Adapula yang menyebut ikan ini ikan kelemek.

Ikan jelawat atau ikan sultan panjangnya mampu mencapai ukuran 60 cm. Ikan jelawat kaya akan kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh. Selain dijadikan ikan konsumsi ikan jelawat juga biasa dijadikan ikan hias alasannya yaitu corak tubuhnya yang bagus.


Di kota palangkaraya ikan jelawat menjadi salah satu makanan favorit alasannya yaitu memang rasa dagingnya yang enak dan gurih. Namun ada sebagian orang tidak menyukai ikan jelawat dikarenakan durinya yang lumayan banyak.

Untuk memancing ikan jelawat bahwasanya tidak susah. Asal kita tahu cara dan trik mancing ikan jelawat atau ikan sultan ini. Selain harus mengetahui pirantin dan perlengkapan ketika akan memancing, kita juga harus tahu umpan jitu ikan ini. Ada satu hal lagi yang harus pemancing ketahui yaitu teknik memancingnya.


Namun kalian tidak perlu bingung, dengan pengalaman memancing ikan jelawat lama kelamaan kita akan tahu trik dan teknik yang sempurna memancing ikan ini. Namun sebagai gambaran mimin punya tips umpan untuk memancing ikan Jelawat.

Umpan jitu ikan jelawat mampu berupa serangga kecil, ulat pohon, cacing, buah sawit masam dan ubi masam. Untuk buah sawit masam dan ubi masam potong kecil-kecil lalu kaitkan pada kail. Sedangkan serangga dan cacing mampu eksklusif dikaitkan kekail. Adapula pemancing yang menyarankan menggunakan usus ayam yang katanya sangat ampuh untuk memancing ikan jelawat.

Sebelum mulai memancing dan ikan jelawat ada baiknya kenali dulu spot atau daerah yang akan kita pancing. Ikan jelawat lebih menyukai fatwa air yang damai dan banyak liang liang didasar sungai. Selain itu sangat disarankan menggunakan pelampung ketika memancing ikan jelawat. Ikan jelawat lebih menyukai umpan yang melayang dari pada menyentuh dasar sungai.

Komentar