Penasaran Umpan Jitu Ikan Betok Paling Ampuh. WAJIB DICOBA!!!

Ikan betok merupakan jenis ikan air tawar yang habitatnya di tempat yang berlumpur ibarat sawah, rawa, danau maupun sungai. Di setiap tempat ikan betok mempunyai sebutan yang berbeda-beda ibarat ikan betik, ikan betrik dan lainnya. Ikan betrik berenang menggunakan kedua siripnya. Ikan betik atau ikan betok ini mempunyai sisik yang tebal dengan duri dibagian punggung sebagai senjata untuk bertahan dari predator ibarat ikan gabus.

Warna badan ikan betokpun beragam ada yang berwarna hijau renta kehitaman, hijau lumut, hijau kekuningan tergantung habitat ikan tersebut.Populasi ikan betok atau ikan betik ini sangatlah banyak, alasannya perkembangbiakan ikan ini sangat cepat. Ikan betok biasanya hidup air yang dangkal hingga kedalaman 2 meter. Ikan betok tidak menyukai perairan yang terlalu dalam.


Ikan ini sangat menyukai perairan yang banyak ditumbuhi enceng gondok. Karena disekitar enceng gondok banyak hewan-hewan kecil yang merupakan makanan utama ikan betok. Enceng gondok juga berfungsi sebagai tempat berlindung.

Memancing ikan betrik sangatlah mudah alasannya ikan ini termasuk omnivora. Artinya ikan betok memakan apa saja ibarat daging dan juga lumut. Walaupun ikan betok gampang dipancing kita tetap harus mempersiapkan peralatan dan umpan yang jitu supaya alhasil lebih maksimal.


Peralatan Mancing Ikan Betok

Sebelum mancing ikan betok sebaiknya siapkan peralatan seperti: Joran tegek, Senar atau Kenur, Kail, Pelampung, dan yang paling penting Umpan Jitu. Untuk joran gunakan yang berbahan lentur supaya dikala strik lebih mantap. Bisa juga gunakan joran bambu namun usahakan dibuat selentur mungkin.

Umpan Jitu Mancing Ikan Betok

Untuk mencari umpan ikan betok sangatlah mudah alasannya memang banyak ditemukan disekitar kita. Umpan itu ibarat Cacing Tanah, Jangkrik, Capung, Belalang, Ulat Pisang, Ulat Bambu, Kroto, Laron, Anak Tawon, dan masih banyak lainnya.


Trik dan Cara Mancing Ikan Betok

Menurut pengalaman mimin umpan betok paling jitu yakni laron dan kroto. Daging kroto dan laron yang lembut dan berwarna putih mungkin lebih menggiurkan ikan betok untuk menyambar. Sebelum melempar umpan sebaiknya terlebih dahulu gunakan pelet atau dedak supaya ikan betok berkumpul di satu titik. Memancing ikan betok tidaklah sulit bahkan untuk pemula sekalipun. Setelah ikan betok berkumpul barulah lempar umpan ketitik tersebut.

Karena ikan betok relatif kecil, gunakan kail kecil saja ukurannya antara 0,5-2. Ukuran ikan betok babon mampu mencapai 25 cm, namun sudah sangat jarang sekali. Rata-rata ikan betok hanya berukuran satu telapak tangan saja.

Penggunaan pelampung sangatlah disarankan alasannya akan lebih mudah mengetahui dikala umpan disambar. Usahakan umpan jangan hingga kedasar sungai atau rawa. Agar ikan lebih tertarik untuk memangsa umpan gerak-gerakan umpan naik turun. Makara seakan-akan umpan hidup dan berenang.

Itulah tips mancing ikan betok paling jitu. Semoga bermanfaat.

Komentar