Penasaran Umpan Jitu Ikan Keting/Lundu Di Sungai Dan Rawa

Pastinya semua orang tahu ikan keting. Ikan keting juga biasa desebut ikan lundu, ikan kating, ikan berengit, ikan ndaringan, ikan sengat, ikan ririgi, ikan senggiringan dan juga ikan kalibere. Ikan kating bersama-sama masih satu keluarga Dengan ikan patin maupun ikan sembilang, yakni sama-sama keluarga catfish yang ciri-cirinya mempunyai kumis, patil, dan tubuhnya tanpa sisik.

Habitat Ikan Keting/Ikan Lundu

Ikan kating banyak dijumpai di Asia Tenggara ibarat Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, Thailand juga Indonesia.Di Indonesia ikan keting menyebar hampir diseluruh pulau-pulau ibarat Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan pulau-pulau kecil lainnya. Habitat asli ikan keting yakni sungai, muara dan juga rawa. Namun ikan keting juga tak jarang dijumpai di danau, persawahan, selokan kecil maupun pinggiran laut.


Karakter Ikan Keting/Ikan Lundu

Ikan keting termasuk jenis ikan omnivora yang artinya pemakan segala. Ikan kating dikenal sangat rakus dalam memangsa umpan. Ikan ini mampu tumbuh sampai 20 cm. Didalam akuarium ikan kating juga sering memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Saat kalian memelihara di akuarium sebaiknya pisahkan dengan ikan yang ukurannya lebih kecil. Tidak hanya siang hari namun pada malam hari ikan keting juga sangat aktif. Saat banjir tiba Ikan Keting akan bermigrasi ke sungai dan akan kembali lagi ke muara dikala hujan turun.


Kebanyakan pemancing kurang menyukai ikan keting. Ukurannya yang relatif kecil daginya yang sangat sedikit menjadiian ikan keting kurang diminati. Bahkan ikan keting mampu disebut hama. Saaat memancing ikan kakap atau baramundi tak jarang justru ikan keting yang menyambar dan memangsa umpan.

Umpan Jitu Mancing Ikan Keting/Lundu

Namun bersama-sama strike ikan keting juga lumayan lohh. Meski ukurannya kecil namun ikan keting sangat agresif, dan rakus dikala memangsa umpan. Tidak sulit untuk memancing ikan keting. Karena jumlahnya yang banyak dan bergerombol kalian akan dengan mudah mencicipi strike berulang-ulang bahkan untuk angler/pemancing pemula sekalipun.


Dalam memancing ikan keting tidak diharapkan umpan khusus, asalkan umpan berbau busuk pasti akan eksklusif disambar ikan yang satu ini. Namun tidak ada salahnya menyiapkan umpan jitu kalian. Disarankan gunakan umpan berupa Cacing, Udang, Ikan kecil dan Katak kecil.

Untuk peralatan memancing mampu menggunakan Joran tegek maupun menggunakan reel, tergantung spot itu sendiri. Sebaiknya gunakan pelampung biar dikala menggunakan umpan hidup mampu leluasa bergerak. Pilih spit yang masih bersih dan tidak tercemar, dan biasanya spot yang ibarat itu lebih banyak ikan jenis ini.

Sekian penjelasan dari mimin mengenai ikan keting. Selain mudah dipancing juga tidak akan menguras kantong kalian alasannya umpannya sangat mudah didapat. Cukup menarik bukan???Mungkin mampu menjadi alternatif dikala akan memancing. Sekian dan semoga mampu bermanfaat.

Komentar