Penasaran Umpan Jitu Ikan Lele Di Sungai Dan Danau Paling Ampuh

Ikan lele, rasanya sudah tidak perlu lagi dibahas lebih jauh perihal apa itu ikan lele. Sudah dipastikan semua orang pasti tahu ikan yang satu. Memang penyebaran ikan lele mampu ditemukan diberbagai kawasan di indonesia. Ikan lele juga sangat mudah didapat di pasar - pasar tradisional maupun swalayan. Karena memang banyak petani yang membudidayakannya. Di alam liar ikan lele banyak ditemukan di sungai, rawa dan juga danau.

Namun sangat disayangkan populasi ikan lele di alam liar sudah mulai berkurang. Hal ini disebabkan karena ulah insan yang mengeksplor secara berlebihan, setrum, maupun menggunakan potas atau obat untuk menangkap ikan. Alhasil tidak hanya ikan besar yang mati namun ikan - ikan kecilpun ikut mati.


Tentu saja kondisi menyerupai ini sangat memprihatinkan. Tidak menutup kemungkinan 5 hingga 10 tahun lagi populasi ikan di sungai bakal hilang, jikalau kerusakan ini tidak dicegah. Sekedar rujukan sungai di kampung halaman mimin "admin" di Kebumen, Jawa Tengah. Dulu waktu mimin kecil populasi ikan sangatlah banyak, memancing sangatlah mudah karena memang populasinya yang sangat banyak. Apalagi pas isu terkini kemarau datang, ketika sungai surut dan kondisi air sedikit dengan mudahnya kita menangkap ikan.


Tetapi sangat berbeda dengan kondisi sungai ketika ini. Sebenarnya air sungai tidak terlalu tercemar, mampu dibilang kondisi air juga jernih namun populasi ikan sudah jauh sangat berkurang. Itu diakibatkan faktor - faktor diatas tadi. Makara mulai sekarang STOP Strum ikan, Potas atau obat. 

Okelah kita kembali ke topik utama perihal umpan jitu ikan lele di sungai maupun danau. Ikan lele merupakan ikan yang rakus dan agresif. Ikan lele juga termasuk ikan yang gampang dipancing. Itulah kenapa pemancing suka memancing ikan jenis ini. Namun biar hasil pancingan mampu maksimal tentunya kalian harus menyiapkan umpan jitu kalian.


Inilah Umpan Jitu Ikan Lele Di Sungai maupun Danau yang Wajib Kalian Coba :

Kalian mampu menggunakan umpan menyerupai usus ayam, kulit ayam (sebaiknya kalian rebus dulu usus dan kulit ayam, ketika merebus tambahkan sedikit garam biar aromanya khas). Selain itu kalian juga mampu menggunakan umpan jangkrik, orong-orong, kroto, anakan katak, dan juga laron. Menurut pengalaman mimin itulah beberapa umpan ikan lele paling jitu yang Wajib kalian coba.

Selain umpan ada beberapa hal yang perlu pemancing ketahui. Misalnya lokasi atau spot yang potensial.

Pilih Lokasi atau Spot yang agak dalam dengan kondisi air yang keruh dengan kedalaman air sekitar 50 hingga 100 cm. Dengan kondisi air yang damai dan biasanya spot menyerupai itu ada di pinggiran sungai atau danau. Ikan lele menyukai kawasan menyerupai itu karena disana banyak terdapat hewan hewan kecil yang menjadi mangsanya.

Untuk waktu mancing paling sempurna ketika habis hujan turun. Biasanya ketika memangsa umpan ikan lele akan pribadi menelan umpan dengan mulutnya yang besar. Makara ketika umpan disambar sesegera mungkin hentakan joran kalian.

Itulah beberapa tips dan umpan jitu ikan lele yang mampu mimin bagikan. Bila kurang terang silakan hubungi kami di kolom komentar atau kontak kami. Salam Gentak

Komentar