Penasaran Umpan Jitu Ikan Sepat Paling Galak

Ikan Sepat merupakan jenis ikan air tawar yang sangat banyak di temui di indonesia. Bentuk ikan sepat sangatlah menyerupai dengan ikan gurami, bedanya ikan sepat mempunyai ukuran yang lebih kecil. Ikan sepat remaja hanya seukuran telapak tangan orang dewasa. Sedangkan ikan gurami mampu tumbuh hingga panjang 1meter lebih.

Habitat Ikan Sepat

Ikan ini hidup diperairan yang kondisi airnya damai menyerupai tepi sungai, rawa, dan danau serta persawahan. Ikan sepat sangat menyukai perairan yang banyak ditumbuhi tanaman air menyerupai enceng gondok, kangkung dan tanaman air lainnya.


Disekitar tumbuhan air ikan sepat mencari makan dan juga dijadikan daerah untuk menyimpan telur semoga tidak dimangsa predator.

Karakteristik Ikan Sepat

Untuk mencari eksistensi ikan sepat tidaklah susah. Kebiasaan mengambil oksigen eksklusif kepermukaan air akan memudahkan kita mengetahui posisis ikan. Selain itu ikan sepat juga mempuyai kebiasaan bergerombol.

Cara Memancing Ikan Sepat

Memancing ikan sepat memang terkenal susah, hal ini membuat para pemancing angkat tangan untuk memancing ikan ini. Namun sebetulnya tidak sesusah yang kalian bayangkan asalkan kalian tahu trik dan cara memancing ikan ini.

Agar tangkapan mampu maksimal tentunya dibutuhkan piranti pendukung serta skill memancing yang lebih.  Piranti pendukung yang kita gunakan seperti  : Joran tegek, Senar/Benang, Kail, Pelampung, Timah Pemberat serta Umpan.

1. Joran Tegek

Sebenarnya kalian mampu menggunakan joran dengan komplemen reel. Namun alasannya spot ikan sepat berada di pinggiran sungai maupun rawa, jadi sebaiknya gunakan jorak tegek untuk mempermudah ketika strike.

Joran tegek juga mampu mempermudah pemancing melempar umpan kespot tertentu. Untuk ukuran tegek mampu kalian sesuaikan dengan spot tersebut. Misalnya 1.5 meter hingga 5 meter.

Cari joran yang mempunyai kelenturan baik, sehingga mempermudah ketika strike. Semakin kecil diameter joran semakin lentur pula joran tersebut. Joran menyerupai itu sudah banyak dijual ditoko toko alat pancing.

2. Senar / Benang

Senar juga sangat mensugesti hasil tangkapan kalian. Semakin kecil diameter senar maka semakin baik pula hasil yang akan kalian dapatkan. Senar dengan diameter yang tebal akan membuat ikan sepat malas dan takut menyambar umpan.

Senar ukuran 0.5 hingga 1 kg dirasa sudah cukup untuk meladeni ikan sepat. Lebih baik lagi gunakan senar dengan diameter kecil namun punya kekuatan yang baik. Selain itu gunakan senar dengan warna yang tidak mencolok.


3. Kail

Berbeda dengan jenis ikan tawar lainnya, ikan sepat mempunyai ukuran verbal yang sangat kecil. Bahkan mampu dibilang super kecil, untuk mengimbangi ukuran verbal sepat gunakan kail yang kecil pula. Kalian mampu menggunakan kail ukuran 0.1 - 0.5.

Namun untuk mencari kail ukuran 0.1 sangatlah susah. Tidak semua merk kail mengeluarkan ukuran 0.1. Ada juga merk import dan untuk mencarinya juga sangat sulit alasannya barangnya yang memang langka. Kail ukuran ini juga sangat jarang sekali pembelinya. Hal ini yang membuat para importir enggan memesannya.

Meskipun kail ukuran 0.1 sangat cocok untuk mancing ikan sepat dan prosentase strik lebih besar. Namun seringkali kail tertelan hingga tenggorokan alasannya ukurannya yang super mini.

Agar tidak terlalu merepotkan lebih baik menggunakan kail ukuran 0.3 atau 0.5. Meskipun tingkat keverhasilan strik tidak setinggi kail 0.1, namun setidaknya kail ukuran 0.3 atau 0.5 tidak terlalu merepotkan kita alasannya tertelan ikan sepat.

4. Pelampung

Dalam memilih pelampung tidak boleh asal - asalan. Pelampung jarum dengan bentuk lonjong memanjang dirasa yang paling pas untuk memancing ikan ini. Dengan ukuran ikan yang kecil tentunya tidak dibutuhkan pelampung yang besar pula bukan??.

Pelampung berbentuk jarum dirasa paling tepat. Ukurannya yang kecil serta ringan akan sangat membantu sebagai indikator ketika umpan disambar.

5. Timah Daun / Pemberat

Sebaiknya gunakan timah daun atau timah lembaran. Kelebihan dari timah jenis ini kalian mampu dengan mudah menyesuaikan ukuran dan berat timah yang pas.

Sesuaikan ukuran timah semoga umpan tidak terbawa arus air. Saat menambahkan timah usahakan pelampung jangan hingga tenggelam. Seting pelampung semoga mengambang dan karam setengahnya. Posisi menyerupai ini akan lebih efektif ketika umpan disambar ikan.


6. Rangkaian

Untuk memancing ikan sepat mampu menggunakan 2 rangkaian mata kail. Rangkaian menyerupai itu biasa disebut rangkaian engkel. Buat rangkaian mata kail mengambang ditengah-tengah air, kira-kira 20 cm dengan panjang kail ke pemberat 5 cm saja. Hal ini dimaksudkan alasannya ikan sepat sering berada dipermukaan  air.

7. Umpan

Inilah hal yang sangat penting. Pemilihan umpan memang tidak boleh dianggap remeh. Salah memilih umpan tentunya akan berakibat fatal.

Sebenarnya berbagai jenis-jenis umpan yang dapat kalian gunakan. Seperti cacing, pelet, laron dan juga kroto. Namun berdasarkan pengalaman para pemancing umpan kroto dianggap paling jitu.

Untuk menerima umpan kroto juga tidak susah. Banyak sekali penjual umpan kroto di toko toko pancing. Selain itu kroto juga banyak diperjualbelikan di pasar burung. Karena memang kroto menjadi makanan utama buat burung kicau.

Cara menggunakannya juga tidaklah susah. Cukup kaitkan kroto kekail 1 atau 2 ekor setiap kail. Lalu lemparkan umpan kespot yang kalian rasa ada ikan sepat.

Agar ikan sepat berkumpul di titik tertentu kalian mampu menggunakan bekatul atau dedak dengan cara menaburkannya disekitar spot tersebut.


Waktu Yang Tepat Memancing Ikan Sepat

Atur waktu memancing kalian semoga kesannya mampu lebih maksimal. Waktu yang paling sempurna ialah pagi dan sore hari. Pada pagi dan sore hari matahari sudah mulai redup dan kondisi sekitar terlalu panas.

Selain itu ketika demam isu penghujan datang juga menjadi ketika panen ikan jenis ini. Pada demam isu penghujan ikan sepat akan berkembang biak sehingga jumlahnya akan bertambah banyak. Pada demam isu penghujan kadar oksigen dalam air akan bertambah sehingga akan menambah nafsu makan ikan.

Tips Memancing Ikan Sepat

Setelah semua perlengkapan siap kalian mampu eksklusif mulai memancing. Pertama tama carilah spot yang kalian rasa banyak terdapat ikan sepat. Hal ini ditandai dengan nongolnya ikan sepat keatas permukaan untuk mengambil oksigen. Sifatnya yang bergerombol ketika mencari makan jadi mampu dipastikan akan banyak ikan sepat lain disekitarnya.

Jangan lupa bawa bekal air minum atau kopi semoga dan cemilan semoga ketika memancing mampu lebih enjoy.

Lempar umpan kespot tersebut dan tunggu hingga umpan disambar ikan. Usahakan tabah menunggu dan jangan tergesa-gesa menarik umpan jikalau tidak disambar. Umpan kroto tidak gampang lepas menyerupai umpan pelet. Makara tunggulah hingga ikan mulai mendekat dan menyambar.

Bila disekitar situ banyak terdapat ikan sepat mampu dipastikan tidak membutuhkan waktu lama umpan akan disambar. Ikan sepat biasanya akan eksklusif menyambar dan menelan umpan. Makara ketika pelampung bergerak dan tertarik kedalam air segera hentakan joran semoga kail menacap di bibir ikan.

Komentar