Penasaran Umpan Jitu Ikan Sidat Yang Terbukti Ampuh !!!! Wajib Coba

Tahukan anda Ikan Sidat?? Pasti tau bukan. Tapi memang tidak semua orang tahu ikan air tawar satu ini. Karena memang ikan sidat jarang ditemui baik di pasar. Ikan sidat juga jarang sekali dibudidayakan, memang ikan sidat kurang diminati masyarakat indonesia. Ikan sidat kalah populer dengan ikan lain ibarat ikan lele, ikan nila, ikan mas maupun belut. Namun jangan salah ikan sidat memiliki kandungan gizi yang tinggi dan merupakan sumber protein yang tinggi.

Tentang Ikan Sidat

Ikan sidat masih satu keluarga dengan belut. Perbedaan mencolok keduanya yaitu adanya sepasang sirip pada ikan sidat yang tidak dimiliki belut. Di beberapa kawasan ikan sidat biasa disebut Moa, Pelus, Uling dan lain - lain. Ikan sidat remaja akan melaksanakan migrasi kelaut untuk pemijahan, sedangkan ketika anakan ikan sidat akan menuju perairan tawar sampai dewasa.


Habitat asli ikan sidat meliputi rawa - rawa, perairan mangrove dan muara. Didaerah mimin"admin", kebumen jawa tengah ikan sidat masih banyak ditemukan di rawa - rawa bahkan dipersawahan. Didaerah mimin ikan sidat biasa disebut Pelus. Ikan sidat termasuk jenis ikan yang unik. Ikan sidat bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan perairan gres ketika bermigrasi. Di laut lepas ikan sidat remaja hidup di kedalaman 200 sampai 1000 meter. Saat anakan ikan sidat akan kembali menuju perairan tawar sampai dewasa.

Umpan Jitu Mancing Ikan Sidat

Ikan sidat termasuk jenis ikan karnivora, jadi sangat disarankan gunakan hewan atau serangga kecil sebagai umpan. Kalian bisa menggunakan cacing, jangkrik, ulat daun, udang hidup. Namun untuk sidat ukuran remaja gunakan umpan yang berbau tajam ibarat katak kecil, daging keong sawah, usus ayam dan lain - lain.

Waktu Mancing Ikan Sidat

Saat akan mancing ikan sidat kalian harus mengetahui trik, kebiasaan dan cara mancing ikan sidat. Ikan sidat biasa keluar dari sarang ketika gelap atau malam hari. Karena ikan sidat keluar pada malam hari jadi sangat disarankan untuk memancingnya di malam hari. Makara percuma kalau kalian mancing ikan sidat di siang hari kecuali kalian tahu sarang atau lubang ikan sidat. Selain malam hari waktu yang sempurna untuk mancing ikan sidat yaitu pada ketika hujan dan kondisi air keruh, pada ketika itu ikan sidat juga akan keluar dari sarang.


Makara pada intinya ikan sidat memyukai kondisi gelap. Ikan sidat akan keluar dari sarang dan mencari makan ketika gelap. Agar lebih maksimal mancing disekitaran sarang ikan sidat. Bila kalian akan memancing ikan sidat pada siang hari dan sudah mengetahui letak lubang sidat, cukup letakan umpan didepan lubang atau sarang dan tunggu sampi umpan disambar. Untuk mengetahui ciri - ciri sarang sidat tidaklah sulit.


Berikut ini ciri - ciri sarang ikan sidat yang baik :
1. Lubang tidak ada kotoran atau bersih
2. Adanya hewan hewan kecil disekitaran lubang
3. Arus air normal
4. Kondisi lubang sangat tidak beraturan
5. Bila di dalam lubang sidat besar, amis bangkai hewan lebih menyengat. Bau bangkai berasal dari sisa makanan sidat yang membusuk.

Piranti mancing ikan sidat tidaklah sulit. Cukup gunakan joran tegek, namun perlu diingat ukuran ikan sidat biasanya dengan ukuran yang cukup besar jadi gunakan joran tegek yang berpengaruh dan lentur. Kalian juga bisa menggunakan Reel ketika mancing ikan sidat. Bahkan dibeberapa kawasan memancing ikan sidat hanya menggunkan kenur dan kail dengan cara kenur di ikatkan kekayu yang ditancapkan di pinggiran rawa maupun sungai.

itulah cara mancing ikan sidat mulai dari umpan, waktu mancing yang sempurna dan cara mancing ikan sidat. Terima kasih telah berkujung dan supaya bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian ketika akan mancing ikan sidat.

Komentar