Penasaran Umpan Jitu Kepiting Di Sungai Paling Ampuh

Kepiting atau Rajungan. Pasti kalian tahu bukan hewan yang satu ini. Rasanya yang lezat dan dagingnya yang gurih menyebabkan kepiting atau rajungan jadi favorit pecinta kuliner. Khususnya pecinta Seafood, namun dari segi harga kurang akrab alias mahal. Demi menghemat anggaran kalian harus menangkap sendiri di alam liar. Habitat kepiting atau rajungan meliputi sungai, rawa, danau dan juga hutan bakau.

Lalu bagaimana cara menangkap kepiting atau rajungan di alam liar. Sebenarnya menangkap kepiting tidaklah susah. Kepiting termasuk hewan yang rakus. Hanya bermodal alat sederhana dan umpan yang mudah didapat kalian sudah mampu membawa pulang satu bejana kepiting dengan catatan tahu cara dan trik mancing kepiting.


Dalam memancing kepiting banyak faktor yang perlu diperhatikan biar hasil tangkapan mampu maksimal. Misalnya Piranti/alat memancing, Waktu memancing, Lokasi atau Spot memancing, Umpan Jitu, dan juga teknik memancing. Tapi hening mimin akan bahas satu persatu biar mampu lebih jelas.

Piranti/Alat Memancing

Sama ibarat memancing pada umumnya, ketika memancing kepiting dibutuhkan joran. Gunakan joran tegek dengan ukuran sedang antara 1.5-2 meter. Bisa juga gunakan joran bambu atau batang kayu yang terang fungsinya sama sebagai joran. Namun disarankan menggunakan joran tegek biar lebih mudah dan lebih lentur. Modal dikit ga papa lah biar ga malu-maluin. Setelah itu siapkan senar/kenur 2 kali lebih panjang dari panjang joran. Penggunaan kenur yang panjang akan lebih memudahkan dalam memancing alasannya kepiting menyukai tempat yang lebih dalam dari tempat sekitarnya. Untuk memancing kepiting TIDAK perlu menggunakan kail. Cukup ikat umpan ke senar atau kenur. Kenapa ?? alasannya kepiting tidak menyambar umpan tetapi mencapit dan mencabik-cabik umpan lalu memakannya. Satu lagi alat yang harus dipersiapkan adalah serokan ikan dengan pegangan yang panjang. Serokan dibutuhkan untuk mengangkat kepiting dari permukaan air.

Baca Juga : Tips Dan Umpan Paling Jitu Mancing Ikan Sepat Di Alam Liar

Waktu Memancing

Waktu paling Tepat memancing kepiting pada ketika hujan atau setelah hujan reda. Pada ketika itu kepiting lebih aktif mencari makan yang terbawa arus air ketika hujan turun. Bahkan tidak sedikit kepiting yang naik kedaratan. Bisa juga selepas Shubuh hingga menjelang matahari terbit.

Lokasi Memancing

Kepiting atau rajungan sangat menyukai perairan yang masih bersih dan terjaga. Dan biasanya semakin tempat itu bersih semakin banyak pula populasi kepiting disana. Sebaliknya hindari perairan yang sudah tercemar, banyak sampah nonorganik ibarat plastik, hindari juga memancing pada ketika air surut. Untuk kepiting dengan ukuran besar lebih banyak ditemui di sekitar hutan bakau.

Umpan Memancing

Pada dasarnya kepiting mempunyai sifat yang rakus. Kalian mampu menggunakan banyak sekali macam umpan yang biasa dipakai untuk memancing ikan. Sebaiknya gunakan umpan yang mempunyai busuk tajam atau busuk amis. Kepiting akan lebih termakan dengan umpan ibarat itu. Umpan mampu berupa cuilan ikan, anakan katak, namun umpan paling ampuh berupa keong sawah dan belut.

Teknik Memancing

Teknik untuk memancing kepiting tidaklah susah. Setelah peralatan mancing siap ikat umpan pada kenur lalu lempar umpan ke tempat yang dirasa ada kepiting. Usahakan kenur jangan terlalu kencang. Bila umpan dimakan kenur akan menegang dan ketika itulah tarik joran. Tarik joran secara perlahan dan jangan sekali-kali menghentakan joran alasannya INGAT kita memancing tidak menggunakan kail. Tarik perlahan hingga permukaan air, setelah kepiting terlihat lalu serok kepiting  dan angkat.

Komentar