Penasaran Umpan Mancing Ikan Patin Liar Sungai Dan Danau Paling Ampuh

Memancing memang acara yang sangat mengasikan, selain alasannya yakni hobi memancing juga sudah banyak yang dilombakan. Kata sebagian orang memancing merupakan acara yang percuma, buang-buang waktu. Adalagi yang bilang memancing kaya orang ga punya kerjaan. "ikan dicemplungin kolam kok terus dipancingin lagi, mending beli di pasar". Ada lagi "nungguin pancingan disambar ikan ampe berjam-jam mending tudur". Tapi aku tegaskan itu fatwa yang SALAH besar.

Memancing punya berbagai manfaat. Dengan memancing kita mampu menghilangkan penat dan stres dari rutinitas sehari-hari. Apalagi buat pehobi mancing, ibarat yang aku rasakan sendiri walaupun berjam-jam nunggu kail disambar atau malah tidak dapat strike sama sekali ga masalah. Namanya hobi yang penting hepii.


Malah jadi kisah kemana-mana ya. Okelah kita lanjutkan ke topik utama wacana ikan patin. Kalian pasti sudah tahu kan sosok ikan patin dan tidak perlu aku jelaskan spesifik lagi.  Ikan patin merupakan ikan air tawar yang habitatnya di sungai, rawa,  danau dan waduk.

Ikan patin sering menjadi target para pemancing alasannya yakni memang punya sensasi strike yang mantap. Ikan ini biasa berdiam didasar perairan dan membuat lubang sebagai daerah persembunyian. Di alam liar ikan patin biasa memangsa udang, ikan-ikan kecil, serta hewan air lainnya.

Memancing ikan patin tolong-menolong tidak sulit, yang terpenting kita tahu umpan dan triknya. Waktu paling sempurna untuk memancing ikan patin yakni pada malam hari. Saat itulah ikan patin akan keluar dari daerah persembunyiannya untuk mencari makan.

Menurut mimin umpan paling jitu untuk mancing ikan patin yakni ati ayam. Cukup kukus ati ayam beberapa menit hingga aromanya keluar dan umpan siap digunakan. Potong ati ayam kecil-kecil lalu kaitkan umpan ati ayam pada kail kemudian lemparkan umpan kespot yang kalian kira persembunyian ikan patin.

Karena ikan patin biasa membuat lubang didasar perairan dan dan mencari makan di dasar juga sebaiknya gunakan teknik glosor saat memancing. Teknik glosor yaitu memancing tanpa menggunakan pelampung jadi umpan berada didasar perairan. Sebaiknya kencangkan senar dan jangan biarkan kendur sehingga senar akan menegang dikala ikan menyambar.


Selain umpan alami ada juga umpan racikan yang perlu kalian coba dan tentunya tidak kalah jitu dengan umpan alami.

Berikut umpan racikan yang perlu kalian coba :

1. Racikan jitu umpan ikan patin Kelapa + Tempe

Bahan-bahan :

  • Tempe 2 papan (gunakan tempe yang masih baru) tempe gres biasanya masih hangat dan berwarna putih.
  • Kelapa 1 butir (pilih kelapa yang sudah tua).
  • Essen pisang secukupnya. 


Cara meraciknya :
Kelapa diambil santannya saja dengan cara diparut lalu diperas hingga santan terpisah semua kemudian tambahkan sedikit air bersih. Blender tempe hingga halus kemudian campur kedua materi ke dalam wadah lalu aduk hingga rata serta tutup rapat wadah. Diamkan adonan umpan selama 3 hari hingga terjadi proses fermentasi. Setelah 3 hari umpan siap digunakan, biar aromanya lebih menarik hati campurkan essen pisang secukupnya.

2. Racikan jitu umpan ikan patin roti

Pembuatan umpan dengan materi dasar roti tawar cukup mudah. Pertama cukup siapkan beberapa roti tawar lalu buang pinggiran roti yang berwarna coklat. Kemudian tambahkan sedikit air lalu lumat hingga membentuk adonan. Usahakan adonan jangan terlalu encer biar mudah dikala dibentuk. Setelah adonan pas tambahkan sedikit essen pandan, strowbery atau essen pisang.

Selain itu ikan patin juga menyukai umpan dengan rasa masam. Kaprikornus kalian mampu mengganti essen dengan santan kelapa.  Bisa juga menggunakan sari buah-buahan dengan rasa asam.


3. Racikan jitu umpan ikan patin susu keju

Bahan-bahan :

  • Susu sachet 1 bks
  • 1 lembar keju kraff kecil
  • 2 helai daun serai
  • 1 bks fermipan
  • 4 lembar roti tawar


Cara meraciknya:
Pertama-tama rajang kecil-kecil daun serai lalu blender dengan materi lainnya kecuali roti tawar. Blender adonan hingga tercampur rata, setelah halus masukan adonan kedalam wadah serta tutup rapat wadah. Biarkan adonan selama kurang lebih 5 hingga 1 ahad hingga terjadi fermentasi. Setelah adonan siap tambahkan roti tawar dikala akan digunakan. Bentuk adonan sesuai ukuran kail kalian. Untuk teknik memancing mampu menggunakan teknik glosor(dasaran) atau mampu menggunakan pelampung.


4. Racikan jitu umpan ikan patin tepung udang

Bahan-bahan :

  • Tepung udang
  • Pf 1000
  • 2 butir telor
  • Tepung pelet


Cara meraciknya :
Rebus telor hingga matang lalu kupas telor kemudian campurkan semua materi kedalam wadah. Aduk adonan hingga kenyal kalau kurang mampu tambahkan sedikit air. Umpanpun siap diginakan.

Itulah umpan ikan patin yang paling jitu. Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam satu joran.

Komentar