Penasaran Beberapa Faktor Cuaca Yang Pengaruhi Hasil Pancingan

  Laut memang daerah yang sangat menarik buat para pemancing. Banyak spot - spot yang potensial mampu pemancing kunjungi. Tiap - tiap spot memiliki potensi strike yang menggoda, ikan - ikannyapun bervariasi. Dan yang paling penting banyak ikan - ikan monster yang menjadikan laut jadi daerah favorit pemancing. Memancing mampu dilakukan dari pinggir laut maupun tengah laut dari atas kapal. Untuk waktu memancing tidak terbatas mampu pagi, siang, sore bahkan malam hari. Namun memancing dilaut tergantung cuaca dan faktor alam. Faktor alam dan cuaca sangat penting pemancing ketahui alasannya yaitu berkaitan dengan keselamatan dan posisi ikan.



  Berikut ini faktor yang mensugesti hasil pancingan :

1. Faktor cuaca di atas permukaaan laut

a. Matahari dan Bulan
  Memancing paling baik dilakukan pada pagi hari hingga siang hari dan cuaca cerah. Sedangkan malam hari hindari ketika bulan purnama atau bulan terang. Karena pada ketika bulan purnama senar pancing akan terlihat menyala alasannya yaitu pantulan sinar bulan. Namun untuk mancing cumi - cumi dan udang justru dilakukan ketika bulan terperinci alasannya yaitu cumi - cumi dan udang sangat menyukai cahaya.

b. Angin, Awan dan Ombak
  Faktor yang tak kalah penting yaitu angin, ada tidaknya awan dipengaruhi dari angin. Angin juga mensugesti besar kecilnya ombak, pada ketika ombak besar ikan ikan kecil akab berenang menuju tengah pantai. Tentunya ikan - ikan predator juga akan berenang mengikuti untuk mencari mangsa.

2. Faktor cuaca di dalam laut

a. Kejernihan laut
  Jernih tidaknya air laut akan berdampak jumlah ikan yang ada. Laut yang keruh dan tercemar menyebabkan jumlah ikan berkurang. Matahari juga mensugesti jernih tidaknya air laut. Cuaca yang terik menjadikan air laut terlihat jernih.

b. Suhu Air Laut
  Kondisi air laut yan panas menyebabkan ikan berenang menuju tengah laut bahkan dasar laut. Sedangkan suhu air yang terlalu hirau taacuh menyebabkan ikan tidak nafsi makan. Suhu yang pas sekitar 26 - 35 derajat celcius.

Komentar