Penasaran Cara Budidaya Ikan Bandeng Lengkap Untuk Pemula

  Budidaya yang satu ini memang sangat menggiurkan. Ikan bandeng memang sangat menggiurkan sebab ikan ini memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Dan memang budidaya ikan bandeng mulai berkembang pesat hingga dikala ini. Selain perawatannya yang terggolong mudah, ikan bandeng juga tidak membutuhkan perawatan khusus. Ikan bandeng sudah sangat menjamur dan sudah melekat di pengecap orang indonesia. Dan tak heran bila ikan bandeng salah satu ikan yang paling banyak dicari.


  Ikan yang habitat aslinya di air asin ini juga mampu hidup di air tawar. Makara tak perlu kawatir buat para budidaya yang jauh dari pantai. Kalian juga mampu membudidayakan ikan bandeng di danau atau di waduk. Namun sebelum mulai budidaya kalian harus tahu step demi step yang harus dijalani. Inilah langkah langkahnya :
1. Pemilihan dan Persiapan Tambak
2. Pemilihan dan Penebaran Bibit
3. Pemberian Pakan.


1. Pemilihan Lokasi dan Persiapan Tambak

  Sebelum memulai budidaya tentunya petani harus mempersiapkan tempat. Rasanya tak mungkin budidaya tanpa tempat, setelah lokasi budidaya siap selanjutnya ialah pemberantasan hama. Keberadaan hama di daerah budidaya akan sangat menghipnotis hasil panen nantinya. Biasanya hama berupa ikan mujair, ikan mujair akan sangat mengganggu pertumbuhan ikan bandeng bila terus dibiarkan. Ikan Mujair yang ada ditambak bersifat benalu sebab ikut makan pakan yang seharusnya diperuntukan ikan bandeng. Gara gara hama ini biaya budidaya akan melonjak sedangkan keuntungannya berkurang. Petani juga perlu melaksanakan pemupukan. Pemupukan juga tidak boleh dianggap remeh, pemupukan bertujuan untuk menumbuhkan umpan umpan alami. Sehingga menambah nutrisi buat ikan bandeng.

2. Pemilihan dan Penebaran Bibit

  Bibit yang baik pada umumnya memiliki berat 50 gram perekor sedangkan panjangnya sekitar 7 hingga 10 cm. Tiap 1 meter persegi tebarkan kurang lebih 500 ekor bibit. Waktu pembesaran hingga masa panen kira kira sekitar 4 bulan dengan berat 400 hingga 450 gram perekor.

3. Pemberian Pakan

  Inilah faktor yang paling penting dalam budidaya. Pemberian pakan yang tidak sempurna akan sangat kuat pada hasil panen. Pemberian pakan harus diadaptasi dengan ukuran ikan. Tentunya pakan sewaktu ditebarkan dengan bibit umur 3 bulan berbeda ukurannya.


  Dari tahap tahap persiapan hingga masa panen saling berkaitan. Menghilangkan salah satu tahapannya akan sangat kuat sukses tidaknya budidaya. Sekian tips dari mimin "admin". Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. bingung mau ngapain mari bergabung dengan kami difans poker
    Dapatkan juga Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    ditunggu ya ^-^

    BalasHapus

Posting Komentar