Penasaran cara mancing belut dan memilih spot terbaik di sawah

  Selamat malah sahabat reelsmancing ketemu lagi dengan mimin(admin) di rellsmancing.blogspot.com.  Kali ini mimin akan coba share pengalaman mimin perihal dunia mancing. Memang tidak ada kata bosan dalam memancing.    Apalagi seorang hobi mancing rasanya tidak akan mampu lepas dari hal memancing. Memancing sudah bab dari hidup mereka para pemancing mania. Banyak spot memancing yang mampu kalian datangi misalnya sungai, danau, rawa, laut, sawah, dan bendungan. Disini mimin akan bahas spot mancing disawah khususnya untuk mancing belut.


  Rasanya semua orang tau perihal belut. Jenis ikan yang satu ini sangat populer di indonesia dan banyak dicari alasannya yaitu rasanya yang lezat dan enak. Dan dikala ini budidaya belut sudah menjamur di indonesia. Meskipun harga belut terbilang mahal dan hampir setara dengan daging sapi. Namun seruan akan daging belut sangat tinggi. Di alam liar belut banyak ditemui di sawah, danau, sungai dan rawa. Namun belut paling banyak ditemui di sawah alasannya yaitu kondisi tanah yang subur merupakan habitat belut itu sendiri.


  Dikalangan pemancing memang kurang populer. Memancing belut sangat berbeda dengan memancing ikan. Kita harus mencari sarang belut dari satu kawasan ke kawasan lain. Tapi sesungguhnya memancing belut punya kepuasan tersendiri. Memancing belut tidak memerlukan reel dan joran. Hanya bermodal senar dan kail kalian sudah mampu mencicipi sensasi strike belut. Biarpun simple tapi mimin yakin angler semua ga akan kecewa akan sensasi didapat.

 Sebelum memancing pastinya kita harus siapkan pirantinya. Senar untuk mancing belut harus dililit semoga mampu dimasukan ke lubang belut caranya ambil senar dengan panjang 1.5 meter lalu lilit jadi satu dengan melipatnya dan taruh kail ditengah senar, kemudian lilit dan gulung/diplintir. Setelah senar dililit hingga ujung ikat bab ujung semoga lilitan tidak copot. Setelah itu siapkan umpan  berupa cacing, lebih baik lagi cacing merah dengan ukuran sedang.

  Cari lubang/sarang belut di pinggiran sawah. Lubang belut yang masih berisi biasanya mempunyai bentuk yang rapi dan mulus. Pasang umpan cacing pada kail lalu masukan ke lubang belut dengan cara memutar mutar/memlintir senar dan tunggu hingga umpan disambar. Setelah umpan disambar tahan senar tapi jangan eksklusif ditarik. Langsung menarik senar ketika umpan gres disambar mampu menjadikan senar putus. Tahan dan tarik perlahan senar hingga tenaga belut terkuras. Kemuadian tarik hingga belut tertarik keluar lubang, alasannya yaitu belut sangat licing pakai tang kecil untuk memegangnya.

  Itulah cara mancing belut dan memilih spot terbaik di sawah. Semoga tips tadi mampu bermanfaat dan menambah pengetahuan. Salama STRIKE.

Komentar