Penasaran Jenis - Jenis Snakehead / Gabus Yang Hidup Di Dunia

  Snakehead merupakan ikan predator yang mempunyai ciri ciri fisik tubuh memanjang, mempunyai sirip atas, dan kepala menyerupai ular (inilah kenapa diberi nama snakehead). Snakehead ditemukan hampir di seluruh benua asia dan juga afrika. Di indonesia sendiri snakehead banyak dikenal sebagai predator air tawar dengan banyak nama menyerupai bayong, kutuk, licingan, kocolan, gabus, aruan, haruan, dan lain lain.

  Sekilas ikan ini mempunyai kepala menyerupai ular itulah alasan kenapa diberi nama snakehead. Sebenarnya nama snakehead berasal dari bahasa inggris yang artinya kepala ular. Snakehead menyebar di benua Asia dan Afrika dan mempunyai sekitar 30 jenis didunia. Ikan ini mempunyai daya tahan tubuh yang baik. Snakehead bisa bertahan hidup dibawah 0' celcius. Snakehead bisa mencapai ukuran sampai 1.5 meter dan berat sampai puluhan kilo.


  Berikut ini pola jenis jenis snakehead yang ada di dunia :

1. Toman



2. Gabus


3. Channa Diplograma



4. Channa Pulchra



5. Channa Micropeltes



  Snakehead banyak ditemukan di sungai, rawa, sawah dan juga danau. Di habitat aslinya ikan ini memangsa ikan ikan kecil, serangga, kodok dan hewan hewan kecil lainnya. Kebanyakan dari snakehead hidup di air yang damai dan agak keruh. Namun ada juga jenis snakehead yang hidup di air yang berarus deras. Jumlah meraka di alam liar sangat banyak sebab snakehead termasuk puncak rantai makanan di habitat aslinya.

  Selain menjadi ikan konsumsi snakehead juga dijadikan ikan hias, sebab dari beberapa jenis mempunyai corak yang indah. Untuk memelihara snakehead sebagai ikan hias pastinya diharapkan aquarium yang luas sebab ukuran berakal balig cukup akal ikan ini memang cukup besar. Perawatan ikan ini tidaklah susah cukup beri makan secukupnya dan bahkan di air yang kadar oksigennya rendah sekalipun.

Komentar