Penasaran Menyiapkan Umpan Ikan Mas Agar Cepat Disambar

  Memilih umpan untuk memancing sesungguhnya tidak sulih. Semua jenis ikan akan menyambar umpan alasannya ialah beberapa hal. Ikan tidak akan mengetahui eksistensi umpan jikalau umpan tersebut tidak ada gerakan, tidak berbau, warna umpan kurang mencolok/menarik. Itu juga alasan kenapa umpan buatan/lure dibuat berwarna warni dan juga mampu bergetar. Dengan warna dan berbau yang lebih menyengat ikan akan mengetahui eksistensi umpan lebih cepat. Contohnya ikan mas, ikan mas lebih menyukai umpan yang berwarna merah, hijau atau coklat. Maka dari itu seorang pemancing sangat disarankan untuk memperhatikan hal itu supaya sukses dalam memancing.

caramancingikan.com image

Berikut ini penjelasan lebih detail perihal hal - hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan umpan Ikan mas :

1. Getaran / Gerakan

  Getaran lebih cenderung kesuara, bunyi itu dihasilkan ketika kita menjatuhkan umpan ke dalam air. Suara yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri buat ikan target. Pada ketika umpan gres dilempar potensi disambar ikanpun lebih besar. Namun ketika melemparpun tidak boleh berlebihan, hal ini malah akan menakuti ikan. Getaran yang cenderung keras membuat ikan lari menjauh.


2. Warna Umpan

  Memilih warna umpan juga sangatlah penting. Ikan mas biasanya menyukai umpan berwarna merah, hijau dan juga coklat. Dalam memilih warna umpan juga harus diubahsuaikan dengan karakteristik kolam. Tentunya tiap tiap kolam warna umpannyapun berbeda. Karena kondisi air tiap kolam juga berbeda, jadi perlu penanganan yang berbeda pula. Bila kita sudah sering mancing di kolam tersebut tentu sudah tidak susah lagi menentukan warna umpan, berbeda dengan kolam yang gres saja kalian kunjungi.

3. Aroma dan Berbau lebih menyengat

  Dengan aroma yang lebih menyengat ikan akan lebih cepat mengetahui eksistensi umpan. Memilih aroma umpan juga harus diubahsuaikan dengan warna air kolam, kolam dengan warna air kecoklatan merupakan kondisi air yang paling baik. Namun untuk warna air kolam kehijauan akan lebih baik menggunakan umpan berbahan dasar ubi. Bisa juga menggunakan umpan pelet dicampur tuna kaleng.

  Selain 3 hal diatas dalam menyiapkan umpan. Pemancing juga harus mengetahui kapan waktu makan ikan, ikan mas akan lebih galak ketika menyambar umpan di pagi hari dan akan berhenti ketika siang hari. Hal ini dikarenakan panas terik pada siang hari yang akan mengurangi kadar oksigen dalam air sehingga menurunkan nafsu makan ikan. Ikan mas akan kembali galak ketika sore hari, ketika terik matahari mulai hilang. Saat grimis juga dirasa waktu yang sempurna untuk mancing ikan mas, dan juga saat hujan berhenti dan terik matahari mulai muncul. Kondisi air akan kembali menghangat dan bakal menambah nafsu makan ikan mas.

Komentar