Penasaran Tangkap Ikan Tanpa Joran Di Sawah

  Pasti kalian galau bukan?? Bagaimana caranya menangkap ikan tanpa piranti apapun. Sebenarnya trik ini mimin lakukan waktu kecil alias pengalaman sewaktu mimin kecil dulu. Makara ingat waktu kecil. heheee. Dulu memancing hanya bermodalkan ranting bambu dengan senar, kail  seadanya dan pelampung dari penggalan sandal jepitpun mampu mencicipi strike ikan target. Memang ikan yang didapat tak besar, tapi dengan piranti seadanya hobi memancing mampu tersalurkan.


  Memancing bukanlah persoalan besar kecilnya ikan yang kalian dapatkan tetapi kepuasan hati dikala memancing, itulah arti bergotong-royong dari memancing. Karena bergotong-royong menyalurkan hobi tidak perlu perlengkapan yang rumit dan mahal. Sesuai tema yang akan share kali ini perihal menangkap ikan tanpa piranti apapun atau tangan kosong. Sebenarnya pemgalaman langsung waktu kecil dulu. Menangkap ikan dengan tangan dengan spot di sawah. Tidak perlu menggunakan jaring atau apapun itu untuk berburu ikan di sawah. Khususnya pada demam isu kemarau, air irigasi mulai surut sehingga sawah - sawah mulai kering dan dikala inilah perburuan dimulai.


  Kondisi air yang surut memudahkan pemburu ikan lebih gampang  menangkapnya. Jenis ikan yang ada disawah sangat beragam mirip ikan betok, ikan gabus, ikan mujair, ikan sepat, ikan tawes. Cari sawah yang sudah surut biasanya ikan ikan bersembunyi di swkitaran batang padi, tetapi dalam kondisi air sawah surut ikan akan mencari kawasan paling dalam disekitarnya. Bekas kaki orang yang membentuk kubangan menjadi tempat ikan bersembunyi.

  Karena air surut ikan akan mudah terlihat dari kejauhan, setelah ikan terlihat tangkap dengan kedua tangan.. pelan..pelan..happp..kena..ikan pun tertangkap. Tapi perlu diingat penghuni sawah bukan cuman ikan terkadang ular juga bersembunyi di kubangan yang sama. Ular kadut juga banyak dijumpai disawah. Bentuknya sangat ibarat belut, atau ikan gabus dari kejauhan. Makara tetap waspada sambil terus mencari buruan.

  Ok sekian saja menyebarkan pengalaman dari mimin. Biarpun pengalaman berburu yang aneh. Tapi tetep jadi kenangan masa kecil buat mimin. Semoga mampu bermanfaat. Mancing Mania..Mantap

Komentar