Penasaran Tips Cara Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula

  Pernahkan kalian berfikir ingin membuka usaha tapi bingung mau usaha apa?? Pasti pernah bukan. Suatu bidang usaha memang akan terasa berat dan membingungkan ketika akan memulainya. Tapi lama kelamaan pasti akan terbiasa, Dan soal untung dan rugi tidak perlu kalian pikirkan jauh jauh. Yang paling utama dalam menjalankan usaha yakni niat yang bulat. Ada aneka macam jenis usaha yang mampu kita jalankan namun selesai akibat ini usaha budidaya ikan mulai menjamur di indonesia. Dan kali ini mimin akan menyebarkan tips budidaya ikan bawal untuk pemula. Pasaran ikan bawal di indonesia terbilang cukup banyak, kebutuhan akan ikan bawal ini di manfaatkan para pengusaha untuk membudidayakannya. Ikan asli sungai amazon ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, di indonesia harga perkilonya kisaran Rp.25.000,- hingga Rp.50.000,-.




  Sebelum memulai budidaya ikan bawal ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya:

1. Siapkan kolam

  Kolam berfungsi sebagai media pembesaran atau daerah menampung ikan. Buat bak dengan ukuran yang diinginkan, misalnya bak tanah, bak semen, atau bak dengan terpal. Setelah bak siap masukan air dan diamkan kurang lebih 3 hari.

2. Pemilihan bibit

Pemilihan bibit yang sempurna akan sangat kuat untuk kesuksesan budidaya. Bibit yang baik mempunyai ukuran 5 hingga 10 cm. Pilih bibit yang sehat dan lincah alasannya yakni akan mensugesti perkembangan ikan itu sendiri.

3. Proses pembesaran

  Pada waktu proses pembesaran banyak hal yang harus diperhatikan. Antara lain pakan, kondisi air ( ganti air secara rutin biar kondisi kebersihan air selalu terjaga). Untuk waktu pembesaran dari bibit ke masa panen kira kira 4 bulan.

4. Pemberian pakan

  Hal yang tidak kalah penting yaitu pakan. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam derma pakan antara lain pemilihan pakan, waktu derma pakan, jumlah pakan, frekuensi derma pakan. Gunakan pakan berbentuk tepung pada ketika benih gres ditebar. Seiring berkembangnya benih ganti pakan ke ukuran yang lebih besar. Beri pakan setidaknya 4 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore, malam.

Budidaya ikan bawal sebetulnya tidak sulit yang terpenting perhatikan kondisi air serta berikan pakan secara rutin. Dalam budidaya ikan bawal biaya paling banyak di donasi untuk pakan. Biaya untuk pakan diperkirakan kisaran lebih dari 60 % biaya keseluruhan. Sedangkan sisanya 40 % digunakan untuk  pembelian bibit perawatan dan lain lain.

Komentar

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10%

    BalasHapus
  2. Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 08122221680

    BalasHapus

Posting Komentar