Penasaran Tips Cara Merawat Reel Dan Joran Yang Benar Agar Tetap Awet

  Selamat siang angler semua?? Gimana pada sehat kan?? Kali ini mimin akan menjelaskan sedikit wacana tips dan trik merawat Joran dan Reel. Pastinya angler semua sudah tidak absurd dengan piranti joran dan juga reel. Kedua piranti ini mempunyai fungsi yang sangat penting dan dua piranti ini yang paling rentan kerusakan. Reel berfungsi menggulung senar panring biar mampu menyimpan senar hingga puluhan meter. Sedangkan joran mempunyai fungsi sebagai piranti untuk membantu menghentakan pada dikala umpan disambar. Joran juga mempunyai fungsi membantu melemparkan umpan biar mampu jauh ke spot yang dituju.


  Kedua piranti ini sangat menentukan hasil kita memancing. Dengan adanya reel dan joran mampu mengaplikasikan teknik trolling, jigging, casting, atau teknik standar lainnya. Mengenai harga angler semua pasti sudah tahu kisaran ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Dan setiap pemancing pasti mempunyai piranti ini lebih dari satu bahkan lebih.

  Dalam memancing sangat disarankan menggunakan piranti terbaik, alasannya akan sangat besar lengan berkuasa dengan hasil pancingan. Piranti terbaik disini bukanlah soal harga tetapi kualitas piranti itu sendiri. Memang kualitas suatu barang ditetapkan dari sebuah harga, namun percuma saja kalau piranti terbaik tapi tidak terawat. Terbaik yang saya maksud disini ialah piranti dengan harga yang standar tapi dengan perawatan rutin jadi reel atau joran tetap mengagumkan kualitasnya.



  Untuk merawat reel dan joran sebetulnya tidaklah susah malah tergolong mudah. Tidak perlu waktu lama untuk merawat piranti kalian, yang terpenting perawatan secara rutin. Caranya cuci reel dan joran setelan memakainya, terutama setelah kalian memancing di laut. Kandungan garam pada air laut sekitar 3 hingga 20 % yang masuk kedalam reel dapat merusaknya. Bila hal itu dibiarkan dalam jangka panjang reel akan berkarat bahkan rusak. Basuh reel dengan air tawar tujuannya untuk menghilangkan abu dan pasir yang menempel.

  Bila perlu bongkar reel dan bersihkan bab dalam dengan air. Setelah kering beri pelumas secukupnya pada sela sela gear lalu pasang kembali reel tersebut. Untuk joran cukup cuci dengan air lalu lap hingga kering. Perlu di ingat reel dan joran juga rentan rusak alasannya sinar matahari jadi simpan reel dan joran ditempat yang sejuk.

  Tips merawat reel dan joran menyerupai ini sudah lama mimin lakukan dan alhamdulillah hingga sekarang reel dan joran masih bagus. Sekian tips dari mimin semoga bermanfaat. Salam "STRIKE".

Komentar