Penasaran Tips Dan Umpan Paling Jitu Mancing Ikan Sepat Di Alam Liar

Siapa yang tidak tahu Ikan Sepat, Ikan sepat ialah ikan air tawar yang masih satu suku dengan ikan gurami. Bedanya ikan sepat hanya tumbuh kurang lebih hingga telapak tangan orang remaja saja, namun terkadang bisa mencapai ukuran 20 cm. Ikan ini juga mempunyai rujukan yang khas yaitu warna belang –belang di isis tubuhnya. Dengan bentuk pipih dan ekspresi agak runcing, sedangkan sirip – sirip punggung, ekor, dada berwarna gelap. Sepasang sirip perut yang berfungsi sebagai alat peraba yang ibarat cambuk dan memanjang hingga ekor. Terkadang sisi tubuhnya nampak agak terperinci dan mengkilap. Ikan sepat menyebar di hampir semua wilayah di asia tengara.


  Ikan sepat ialah ikan air tawar yang masih satu suku dengan ikan gurami Penasaran Tips Dan Umpan Paling Jitu Mancing Ikan Sepat Di Alam Liar

 Ikan sepat sangat menyukai rawa –rawa, danau, sungai dan parit – parit yang berarus tenang, terutama tempat – tempat yang banyak ditumbuhi tumbuhan air. Terkadang juga sering ditemui di kanal – kanal air dan juga persawahan. Makanan utama iakan sepat ialah lumut, namun terkadang ikan ini juga memangsa hewan – hewan kecil air lainnya. Untuk dilema pembiasaan ikan ini jangan ditanya, ikan sepat bisa hidup diperairan yang kotor dan tercemar sekalipun. Didalam insangnya terdapat labirin yang berfungsi membantu pernafasan ketika berada di tempat yang minim oksigen. Dengan adanya labirin ikan ini juga bisa bertahan di luar air. Kemampuannya dalam menyesuaikan diri dan juga reproduksi yang tergolong cepat, karenanya ikan sepat berbagai ditemukan disetiap perairan. 



 Meskipun jumlahnya yang sangat melimpah namun ikan sepat justru sangatlah susah dipancing. Terkadang pemancing hingga gregetan sebab umpan mereka tak kunjung dimakan juga. Dengam ukuran ekspresi yang tergolong kecil pakailah umpan yang seukuran dengan ekspresi ikan tersebut. Untuk memancing ikan sepat sebaiknya gunakan umpan lumut, lumut merupakan umpan paling jitu mancing ikan ini. Bisa juga gunakan kroto dan laron, umpan ini juga tidak jarang zonk. Gunakan joran tegek dengan ukuran sesuai spot yang kalian tuju, namun 2 meter dirasa sudah cukup. Untuk waktu memancing paling baik mulai dari pagi hingga sore hari.

 Lemparkan umpan ke spot yang kalan rasa ada ikan sepat. Biasanya merekan berdiam diantara tumbuhan air mirip enceng gondok. Ikan sepat tergolong agresif, ikan sepat akan menyambar umpan dan pribadi memakannya. Selian itu ikan ini juga bergerombol seperti  mujair, jadi jika kita menemukan ikan ini pasti banyak ikan – ikan lain disekitarnya. Kebiasan ini tentunya akan memudahkan pemancing mencari ikan ini.

Komentar