Penasaran Tips Memilih Ikan Cupang Berkualitas Dan Cara Merawatnya

  Ikan Cupang Banyak ditemukan dihampir seluruh asia tenggara menyerupai indonesia, thailand, malaysia, dan juga vietnam. Ikan cupang mempunyai corak yang rupawan sehingga ikan ini dijadikan sebagai ikan hias. Ikan cupang disebut juga ikan petarung, ikan ini cenderung bergairah dalam mempertahankan wilayahnya. Dikalang penggemarnya ikan cupang dapat dibagi menjadi 3 golongan ialah cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Di Indonesia ikan cupang ditemukan di Kalimantan. Ikan cupang salah satu ikan yang dapat bertahan hidup diperairan yang kotor dan minim oksigen. Ikan ini masih dapat bertahan hidup, meskipun ditempatkan di wadah dengan volume air yang sedikit.


Cara memilih ikan cupang berkualitas :
Sebelum kalian membeli ikan cupang hal yang paling utama kalian harus teliti dalam memilih. Inilah ciri - ciri ikan cupang yang berkualitas : 


1. Pilih ikan yang badannya besar, jangan yang memanjang. Jika memanjang pada ketika ikan tersebut besar akan terdapat celah antara ekor dan siripnya.
2. Pilih ikan dengan ekor lebar dan serit tebal, jangan yang tipis. Serit tipis biasanya sangat mudah terkena penyakit dan jadinya serit akan jadi keriting.
3. Bentuk serit pada ekor haruslah rapi, letak ekor dengan tubuh harus seimbang.
4. Bentuk ekor harus 180 derajat atau mendekati. Jika ekor memanjang pada ketika ikan tumbuh akan ada celah antara ekor dan siripnya (dan tentunya itu kurang bagus).
5. Pilih ikan dengan serit yang tidak transparan.
6. Pangkal ekor harus tebal.
7. Pilih ikan yang suka bermain di dasar atau tengah air. Karena ikan cupang yang suka beemain diatas ekornya akan lebih mudah putus.
8. Jika warna ikan kombinasi pilih warna di ekor dan sirip yang tepat dan tidak berantakan.
9. Jika ikan hanya satu warna, usahakan jangan ada warna lain selain warna dasar itu. Namun biasanya ikan dengan warna dasar mempunyai dasi berwarna merah.


Cara Menangani Ikan Cupang yang sakit.
Siapkan :
1. 1/2 liter Air.
2. 2 sdm Garam dapur.
3. 5 tetes Methaline blue.
4. 5 kapsul tetra clor.
5. 1 mg Pomate

Caranya :
Aduk semua materi didalam botol aqua 1/2 liter. Tutup dan lubangi bab atas botol. Lalu teteskan ramuan kedalam akuarium sebanyak 2 tetes. Ikanpun akan berangsur-angsur sembuh, ramuan ini juga mampu dipakai pada ikan cupang yang sehat untuk pencegahan terhadap penyakit.

Komentar